Rabu, 27 Juli 2016

Badan PB Kesbangpol HSS Gelar PPBN Bagi Pelajar SLTA

Rabu, 27 Juli 2016






Badan Penanggulangan Bencana (PB) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Penyuluhan Pendidikan Bela Negara (PPBN) Bagi Pelajar SLTA se Kabupaten HSS, di Pendopo Wakil Bupati HSS Jalan A Yani Kandangan, Rabu (27/07/2016).

Mengutip akun facebook Humas Kabupaten HSS, acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) HSS H Ardiansyah, S.Hut. Turut hadir, Kepala Badan PB Kesbangpol Kabupaten HSS Drs H M Yusuf Effendy, M.AP, Kasat Binmas Polres HSS Iptu H M Yusuf, para guru pendamping pelajar, dan 100 orang pelajar dari berbagai SLTA di Kabupaten HSS.

Wabup HSS H Ardiansyah, dalam kesempatan tersebut berpesan kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-sebaiknya. “Semoga para peserta dapat memperoleh informasi yang akurat tentang Pengetahuan Bela Negara, sehingga nantinya menjadi pelopor dan penyebar informasi kepada seluruh masyarakat di Kabupaten HSS,” ujar Wabup H Ardiansyah.

Lebih lanjut dijelaskan Wabup HSS, bela negara merupakan sikap dan perilaku bagaimana mencintai negara sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Menurut Wabup HSS, tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara yang syarat-syaratnya diatur dalam Undang-undang.

Wabup H Ardiansyah menambahkan, spektrum bela negara sangat luas, mulai dari yang paling halus sampai yang paling keras, banyak peran yang bisa dilakukan untuk bela negara.

“Sebagai Pelajar, banyak hal yang sangat sederhana untuk bela negara, misalnya taati peraturan lalu lintas, taat dan patuh kepada orang tua, serta para guru di sekolah,” pesannya.

Disebutkan Wabup HSS, jika semua pelajar pada saat yang bersamaan tidak menaati peraturan lalu lintas saat sedang berada di jalan raya, besar kemungkinan akan terjadi tawuran. Sementara bela negara bagi para pegawai yaitu dengan bekerja sesuai porsi dan tugas masing-masing. Selain itu, bertindak dan bersikap sesuai etika dan norma yang ada.

Sementara itu, H Murhan, S.Sos dalam laporannya menyatakan, acara PPBN tersebut bertujuan untuk mendorong dan menumbuhkembangkan sikap seluruh komponen masyarakat agar dapat memaknai lebih mendalam akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Hal tersebut diwujudkan dengan menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan cinta kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...