Minggu, 28 Februari 2021

Diary Hangkinang : SLS.23.02.2021

Senin, 1 Maret 2021

 [SELASA, 23 FEBRUARI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam Kaspul Madah, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Bahrudin, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Bahrudin, H Samhuri, Rasyidi, Bandi Puspa, Chamuy, Rizal, H Hamdan, Budi Nida, dan H Mastur. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar usai basalaman shalat Subuh dalam keadaan cerah.

>Usai shalat Subuh Selasa jamaah laki-laki diundang ke rumah H Hamdan Dibah. Ada acara mahaul keluarga H Hamdan, atas nama (almarhumah) Hj Rahimah binti Abd Samad dan juga sekaligus untuk mahaul yang ke 16 KH Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul. Pemimpin pembacaan Surah Yasin H Mastur, Tahlil Kaspul Madah, dan Do’a Haul kembali dibawakan oleh H Mastur. Undangan di sajikan nasi bungkus, berupa nasi kuning lauk haruan masak habang, dan secangkir teh manis. Posisi saya saat aruh tersebut, samping kanan Rizal dan samping kiri Chamuy. Rizal dan Rasyidi tidak makan di tempat, nasi bungkus dibawa pulang, mungkin sedang puasa sunat. Saat saya mau pulang Dibah memberi barakat nasi kuning satu bungkus, katanya untuk ayah saya.

>Selasa pagi anak itik surati sebanyak 14 ekor mulai saya lapas, untuk mencari makan sendiri di luar kurungan. Sebelumnya sejak dibeli di Pasar Pantai Hambawang, beberapa minggu lalu, itik itu selalu ada di kurungan, tidak dilepas. Mereka saya beri makan BR dan air minum siang malam.

>Selasa pagi ke Pasar Pantai Hambawang lihat-lihat orang bajualan. Ada yang berjualan anak warik, musang, kura-kura, burung, dsb. Juga ada penjual obat keliling yang memakai mikrofon, yang dijual berupa ginseng, seharga Rp 50 ribu untuk yang usia satu tahun. Saya sempat keliling pasar. Saya lihat ada juga orang jualan anak puyuh. Saya hanya melihat sepintas saja, tidak singgah.

>Hujan mengiringi perjalanan saya, pulang dari Pasar Pantai Hambawang ke Hangkinang, Selasa pagi.

>Ke Apotek Ari beli obat asma Bupacaryl dan Luvisma. Yang melayani Hikmah Hairin.

>Selasa sekitar pukul 10.45 WITA ada helikopter mengangkasa di langit Hangkinang dari arah hilir menuju arah hulu, mungkin ke Barabai.

>Selasa pagi sempat berpesan kepada Ibu Zakiyah, kalau ketemu Bapak Zain Amuntai, raport siswa yang dicari, Ahdi Khairani ada di tempat Ibu Sanah Musthapa.

>Saya lihat K Babay ikut kegiatan di Aula belakang Museum Rakyat Hulu Sungai Selatan, Senin. Itu saya ketahui saat searching internet Selasa pagi, di mana ada di Antara News Kalsel informasi dan fotonya. Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSS Hj Siti Erma dan Kabid Kebudayaan Disdikbud HSS Erni Yulia.

>Malam Rabu hujan lebat mengguyur Hangkinang dan sekitarnya usai shalat Maghrib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)