Selasa, 05 April 2016

Siswa MTsN Angkinang Setor Hafalan Surah Pendek

Rabu, 6 April 2016




Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) diwajibkan menyetor hafalan surah pendek, pada Ujian Praktek mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok) Tajwid yang dilaksanakan Rabu (06/04/2016) pagi.

Seluruh siswa Kelas IX mengikuti ujian praktek di kelas masing-masing, dimana mereka ditugaskan menyetor hafalan surah pendek  yang ada dalam Al Qur’an dan sudah ditentukan sebelumnya kepada guru Mulok Tajwid.

Guru Mulok Tajwid MTsN Angkinang, Drs Muhammad Sayuti menyampaikan sebanyak enam orang siswa dipanggil ke dalam kelas, sementara yang lain berada diluar kelas untuk menunggu giliran berikutnya. “Satu peserta siswa membawakan minimal tiga hafalan surah yang sudah ditentukan sebelumnya,” ujar Muhammad Sayuti.

Menurut Sayuti, begitu sapaan akrabnya, selain berguna untuk nilai ujian praktek, adanya tugas hafalan surah berguna untuk kehidupan sehari-hari. “Sebagai umat Islam wajib menguasai ilmu agama seperti tajwid,” ujar Sayuti.

Kepada siswa, Sayuti menekankan untuk terus mempelajari tajwid Al Qur’an dengan orang yang ahlinya baik di madrasah maupun di kampung tempat tinggal siswa. “Insya Allah hidup kita akan menjadi berkah,” ujar Sayuti.

Salah seorang siswa Kelas IX B MTsN Angkinang, M Usman Al Ghifari mengakui ujian praktek Mulok Tajwid yang ia hadapi sudah merupakan kegiatan yang terjadwal, jadi persiapan menghadapinya sudah dilakukan jauh-jauh hari. “Alhamdulillah saya bisa menyetor hafalan surah dengan baik dan maksimal,” ujar M Usman Al Ghifari. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...