Rabu, 13 April 2016

Praktek Haji dan Umrah di Islamic Centre

Kamis, 14 April 2016




Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan praktek Haji dan Umrah di Islamic Centre Tanjung, Kabupaten Tabalong, Rabu (13/04/2016).

Siswa Kelas VIII didampingi Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Abdurrahman dan Wakamad Kesiswaan H Saleh Suaidi serta beberapa orang guru dan staf Tata Usaha (TU) MTsN Angkinang.

Menurut Wakamad Humas MTsN Angkinang Abdurrahman menyatakan kegiatan tersebut sebagai upaya memanfaatkan libur Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). “Kebetulan sedang libur karena siswa Kelas IX sedang UAMBN, jadi siswa Kelas VIII diajak studi wisata religi,” ujar Abdurrahman.

Menurut Abdurrahman, studi wisata religi tersebut bukan sekadar jalan-jalan, tapi juga bagian dari pembelajaran, para siswa ditugaskan melakukan praktek pelajaran Fiqih dengan materi Haji dan Umrah. “Kami memilih Islamic Centre Tabalong karena memiliki miniatur Ka’bah dan sarana penunjang ibadah haji lainnya,” ujar Abdurrahman.

Wakamad Kesiswaan MTsN Angkinang, H Saleh Suaidi menjelaskan lewat kegiatan itu siswa bisa menghayati nilai-nilai haji dan umrah, menghargai nilai-nilai positif ibadah haji dan umrah, mengidentifikasi tata cara pelaksanaan haji dan umrah. “Serta mensimulasikan tata cara pelaksanaan / mempraktekkan tata cara haji dan umrah,” ujar H Saleh Suaidi, yang juga guru Fiqih Kelas VIII.

Ditambahkan H Saleh Suaidi, tujuan kegiatan tersebut siswa mengetahui urutan tata cara pelaksanaan haji dan umrah serta dapat mempraktekkan pada saat melaksanakan haji dan umrah nanti. “Seperti pada saat wukuf, tawaf, sa’i, tahalul dan yang lainnya,” ujar H Saleh Suaidi.

Salah seorang siswa Kelas VIII A, Muhammad Zainal Abidin mengakui ikut studi wisata religi tersebut ilmu dan wawasan makin bertambah, dimana bisa mengetahui adanya bangunan Islami di daerah lain. “Selain itu pula bisa mempratekkan pelajaran Fiqih yang kami dapatkan sebelumnya,” ujar Muhammad Zainal Abidin. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...