Rabu, 30 Januari 2019

Dua Kali Mengikuti Peringatan Maulid 1440 H

Kamis, 31 Januari 2019

Sabtu (24/11/2018) saya menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1440 H di dua tempat. Pada pagi sekitar pukul 09.00 WITA, ke tempat keluarga, bernama Wahab di Panyaungan, Longawang. Berjarak sekitar 4 kilometer dari rumah saya di Angkinang. Naik sepeda motor dengan ibu saya.

Ada pembacaan syair Maulid Habsyi. Saat saya tiba disuguhi bubur kacang beserta roti dan juga teh manis. Usai peringatan Maulid undangan dijamu makanan dengan menu masakan yang sudah disiapkan di atas meja panjang samping rumah. Para undangan bebas memilih sesuai selera masing-masing. Saya menjatuhkan pilihan kepada nasi sop basate.

Kemudian pada Sabtu malam saya saruan Maulid di tempat tetangga saya, Hj Asa. Digelar setelah shalat Isya. Acara diawali dengan pembacaan surah Yasin. Ada ceramah agama oleh Ustadz H Hatta Mujammil dari Taniran.

Kemudian pembacaan syair Maulid Al Barjanzi yang sudah ditentukan para qari pembacanya. Merupakan gabungan para qari Barjanzi perwakilan beberapa kampung di Kecamatan Angkinang.

Mereka membawakan rangkaian pembacaan syair Maulid Al Barjanzi berupa Shalawat, Rawi, Asyrakal, dan Doa. Tuan rumah menyiapkan menu untuk tamu undangan berupa lauk haruan dan daging sapi. Juga ada wadai sumapan. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)