Rabu, 27 Desember 2017

Shalat Hajat Umrah Tetangga

Rabu, 27 Desember 2017


Selasa (26/12/2017) malam saya ikut menghadiri kegiatan shalat Hajat tetangga yang akan umrah beberapa hari mendatang. Rumahnya berjarak sekitar 200 meter dari rumah saya. Tuan rumah mengundang warga setempat untuk acara tersebut. Ini untuk kedua kali tetangga saya itu dalam setahun umrah ke Tanah Suci Mekkah.

Acara diawali dengan shalat Maghrib berjamaah, lalu shalat Hajat, pembacaan Surah Yasin, Shalawat Kamilah dan do’a. Lalu shalat Isya berjamaah. Usai shalat Isya undangan / jamaah di suguhi menu makanan oleh tuan rumah untuk dinikmati bersama-sama. Saat beranjak pulang tuan rumah menyerahkan amplop putih kepada undangan.

Sebelumnya saat shalat hajat berlangsung, saya berada di teras rumah, karena di dalam sudah penuh. Baru sekarang saya shalat di alam terbuka. Maksudnya di kiri kanan hamparan persawahan dan kolam ikan. Tentu saja banyak nyamuk dirasakan. Walau tuan rumah sudah menempatkan di beberapa titik obak nyamuk bakar, tapi nyamuk tak kenal kompromi.

Memang sempat mengganggu kekhusyuan dalam beribadah. Karena nyamuk mengigit bagian tubuh yang terbuka. Walau begitu adanya shalat Hajat ini sebagai sarana silaturrahmi antar warga, untuk saling bertegur sapa, bersalam-salaman. Selain tentunya keuntungan lain yang didapatkan adalah bisa kenyang dapat makan dan diberi amplop oleh tuan rumah. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...