Rabu, 20 Desember 2017

Gotong Royong Membersihkan Sampah di Sungai

Kamis, 21 Desember 2017


Minggu (10/12/2017) pukul 09.00 s.d 13.30 WITA saya ikut gotong royong membersihkan sampah di sungai Angkinang. Aliran sungai Angkinang mapet karena banyak sampah kayu, bambu, dll.

Sampah itu menyumbat aliran sungai di RT 1 Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Karena beberapa waktu lalu ada pohon bambu tumbang menyumbat aliran sungai.

Akibatnya banyak sampah menumpuk di bagian hulu. Untuk itu warga RT 1 Angkinang Selatan bergotong royong membersihkan sampah tersebut. Ada yang memotong bambu dengan gergaji dan parang. Saya ikut bergotng royong tanpa membawa apa-apa, bermodal tenaga saja, membantu apa yang disuruh.

Sesudah dipotong bambu ada yang dihanyutkan dan adapula yang dibakar. Bambu yang bagus ditampung oleh Fuad, salah seorang warga, yang nantinya dibuat kandang maupun turus tanaman.

Berkat kerjasama dan kekompakan satu persatu sampah bisa dibuang. Aliran sungai kembali normal seperti semula. Namun untuk di dasar sungai belum bisa dijangkau. Menunggu sungai surut saja. Saya juga ikut membantu menurunkan lanting yang terdampar di tebing, untuk nantinya bisa difungsikan kembali. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)