Rabu, 18 Desember 2013

MENANAMKAN KEBIASAAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI MTsN ANGKINANG

KAMIS, 19 DESEMBER 2013



Baru-baru tadi MTsN Angkinang mendapat kunjungan tim penilai Lomba UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Tahun 2013. Berbagai persiapan telah dilakukan sebelumnya untuk menghadapi kedatangan tim penilai tersebut.

" Salah satunya upaya menanamkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun bagi siswa," kata Maulia Ulfah, S.Pd, Pembina UKS MTsN Angkinang.

Mencuci tangan, menurut Maulia Ulfah,  sebenarnya hal sederhana, namun kebanyakan dari kita menyepelekannya. " Padahal, manfaat cuci tangan dengan sabun sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Seperti  diketahui ditangan yang belum dicuci, banyak mengandung kuman penyebab penyakit. Cuci tangan dengan sabun dapat mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit yang berkaitan dengan diare sebesar 42 hingga 47 persen. Oleh karena itu kita harus membiasakan menjaga kebersihan tangan dengan cuci tangan pakai sabun," tutur Maulia.

Sebagai Pembina UKS di MTsN Angkinang, Maulia tak segan-segan untuk turun langsung ke kelas-kelas mempraktekkan cara membasuh tangan pakai sabun yang benar dihadapan para siswa. 

" Adapun tips mencuci tangan yang dianjurkan adalah basahi tangan terlebih dahulu dengan air yang mengalir. Gosokkan tangan dengan sabun. Gosok benar-benar semua bagian tangan dan jari selama 10-15 detik, terutama untuk membersihkan bagian-bagian bawah kuku, antara jari, dan tangan bagian atas. Bilas tangan dengan air bersih yang mengalir. Keringkan tangan dengan handuk yang bersih atau kertas tisu, " ungkapnya.

Manfaat mencuci tangan menjaga kebersihan diri. Mencegah penyakit diare / mencret-mencret. Mencegah penyakit cacingan. Mencegah penyakit tipus. Mencegah penyakit flu burung.

Waktu yang tepat untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Sebelum melakukan kegiatan apapun yang memasukkan jari ke dalam mulut atau mata. Setelah pipis dan buang air besar. Setelah membuang ingus. Setelah membuang sampah. Setelah bermain dengan hewan/unggas, termasuk hewan peliharaan. Sebelum memasukkan dan mengeluarkan lensa kontak. Sebelum mengobati luka.

" Mudahan MTsN Angkinang menjadi sekolah terbersih di HSS dan siswanya sehat-sehat dengan kebiasaan cuci tangan pakai sabun," harap Maulia. (akhmad husaini)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...