Senin, 16 Desember 2013

JAGO CERGAM DARI MTsN ANGKINANG

SELASA, 17 DESEMBER 2013

 Salah satu cergam / komik karya Khairun Hafiza
Pelajar Kelas IX A MTsN Angkinang

MTsN Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memiliki siswa yang jago melukis. Kerapkali menjuarai lomba lukis tingkat kecamatan maupun kabupaten. Namanya Khairun Hafiza, siswa yang kini duduk dibangku Kelas IX B.

" Bakat melukis saya muncul saat berusia 4 tahun. Saat itu diberitahu ibu bahwa saya pernah corat-coret kertas dan hasilnya bagus," ujar Khairun Hafiza, Selasa (17/12).

Prestasi terakhir Hafiza-begitu ia biasa disapa- membawa harum nama MTsN Angkinang  pada lomba lukis yang digelar DPD KNPI HSS dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2013. Hafiza meraih juara III. Tema lukisan tentang Hulu Sungai Selatan dengan segala pernak-perniknya. Saat itu Hafiza melukis Bupati HSS, H Achmad Fikry.

Kemampuan pelajar kelahiran Taniran Selatan, 15 Januari 1999 ini dalam melukis sudah tidak diragukan lagi. Spesialisasinya adalah membuat cerita bergambar (cergam) atau komik. Hafiza memiliki kumpulan cergam yang bejibun dirumahnya. Bahkan cergamnya sudah ada yang dimuat di blog : www.sketsahss212.blogspot.com  yang dikelola oleh penulis/sastrawan HSS.

Salah satu cergamnya yang bertema kesehatan tersebar dan dipasang di dinding UKS MTsN Angkinang. Cergam tersebut bercerita tentang upaya hidup sehat dengan tidak jajan sembarangan. " Ceritanya ada seorang pelajar perempuan berjilbab pulang sekolah. Dipinggir jalan ada orang berjualan. Lalu singgah. Sempat dinasehati teman namun tak diindahkan. Di rumah pelajar itu sakit perut. Mungkin dampak jajan sembarangan yang tidak bagus bagi kesehatan, " tutur Hafiza menceritakan isi cergamnya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)