Rabu, 25 Desember 2013

KISAH-KISAH DI PSBR TAHUN 2013

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

Kisah-kisah di PSBR tahun 2000. Ada banyak kenangan indah tersimpan disini. Masa yang paling indah. Bertemu dan berkumpul dengan anak muda se Kalimantan Selatan.
            Setiap Kabupaten/Kota diwakili 6 orang. Ada sekitar 60 orang selama sekitar 6 bulan mendapatkan pembinaan di PSBR Budi Satria Jl.A.Yani Km.27,500 Landasan Ulin Banjarbaru.
            Banyak cerita suka duka disini. Tambah wawasan, pengalaman dan pengetahuan. 60 peserta terbagi dalam 5 wisma. Yang laki-laki 2 wisma dan perempuan 3 wisma. Wisma istilah penyebutan untuk tempat tinggal selama mengikuti kegiatan. Saya tinggal di wisma A. Wisma laiinya wisma B, Dahlia, Nusa Indah, dan Anggrek.
            Selama di PSBR peserta diberikan keterampilan komputer dan menjahit. Saya ikut keterampilan komputer. Selain itu ada kegiatan keagamaan dan olahraga dan hiburan.
            Untuk konsumsi sehari-hari peserta mendapatkan jatah 3 kali sehari. Yakni pagi, siang, dan malam. Selang-selingnya ada snack. Untuk menyiapkan makan ini bergantian tiap wisma dalam satu hari.
            Yang tak terlupakan adalah kegiatan bhakti lembaga dan operasi semut. Yani kegiatan kebersihan setiap hari. Ada saja yang dilakukan. Seperti membersihkan sampah dan rumpur yang sudah tinggi. Sampah bisa berupa daun pepohonan yang tumbuh rimbun di sekitar PSBR.
            Setiap malam Minggu bagi peserta laki-laki ditugaskan jaga malam dengan jadwal yang sudah ditentukan sebanyak 3 orang.
            Awal masuk PSBR peserta digembleng oleh anggota TNI berupa Permildas. Sempat jalan kaki sekitar 10 kilometer melewati beberapa sudut jalan di Banjarbaru.
            Karena dekat dengan Bandara Syamsudin Noor setiap hari terganggu dengan suara bising mesin pesawat  yang mau terbang maupun mendarat.
            Cewek-cewek yang memikat hati saya selama di PSBR. Ada Tini Chalis Sari dari Binuang. Lalu Maria Olfah dari Amuntai. Tini tinggal di Wisma Nusa Indah ikut keterampilan komputer juga sama dengan saya. Sementara Maria Olfah sama juga wismanya dengan Tini. Maria ikut menjahit dan paling jago main voli. Entah kenapa bila ketemu mereka ada rasa berbeda. Karena memang mereka memiliki wajah cantik dan orangnya ramah tamah. Senyumnya mambari…..
            Teman-teman yang satu wisma dengan saya Andrian (Martapura), Syaiful Rahman (Tanjung), Alik Riduan (Mahang, HST), Muhammad Ali (Banjarmasin), dll.
            Kepala PSBR Budi Satria kala itu adalah Drs E Kusmayadi. Ada pula para peksos seperti Ibu Saftawiah, Ibu Ida, Ibu Tita, Bapak Agus , Bapak Thamrin, Hadi, Kadek, dll.
Kandangan-Landasan Ulin, Desember 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...