Rabu, 25 Desember 2013

KELOLA PERPUSTAKAAN TUMBUHKAN MINAT BACA

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

Keberadaan perpustakaan sekolah sebagai salah satu media yang efesien dan efektif untuk mendapatkan informasi. Setiap sekolah yang memiliki perpustakaan memerlukan tenaga pengelola yang berkualitas, agar dapat mengelola dan mengfungsikan perpustakaannya dengan baik dan benar.
Berangkat dari hal tersebut, Kantor Perpustakaan Dokumentasi dan Arsip Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengelar Binbingan Teknis (Bintek) pengelolaan perpustakaan sekolah, Selasa (26/11) di Aula Kantor Perpus setempat.
Bintek dibukan Sekretaris Daerah HSS Drs HM Ideham MAP, yang dihadiri Kepala Kantor Perputakaan Dokumentasi dan Arsip Daerah Kabupaten HSS Drs Matyasin.
Panitia Pelaksana Mariani mengatakan, kegiatan diikuti sebanyak 40 peserta pengelola perpus sekolah/madrasah se-kabupaten HSS, selama tiga hari dari 26-28 Nopember 2013.
Dikatakannya, kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan pemahaman dan kerja sama dalam mengelola perpustakaan. Selain itu, untuk mengali potensi-potensi yang dapat kembangkan untuk pengemabngan perpustakaan, menumbuhkan rasa peduli terhadap minat baca dan budaya baca, serta mendukung proses kegiatan belajar mengajar demi terciptanya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan.  
Sementara itu, Sekretaris Daerah HSS HM Ideham dalam sambutanya, menilai kegiatan bimtek  pengelola perpustakaan sekolah, yang dilaksanakan ini sangat penting dalam rangkameningkatkan sumber daya manusia (SDM), baik secara teknis maupun kemampuan adnministrasi. "Saya harap, kegiatan ini dapat mendorong dan meningkatkan minat dan kebiasaaan memmbaca bagi siswa di sekolah, mengingat penting keberadaan perpustakaan di sekolah, sebagai salah satu sarana/media yang amat efesien dan efektif untuk mendapatkan informasi bagi siswa," ujarnya.
Oleh karena itu, setiap sekolah yang memiliki perpustakaan diperlukan tenaga pengelola yang berkualitas, sehingga dapat mengelola dan memfungsikan perpustakaannya dengan baik dan benar, dalam upaya menjadikan informasi sebagai sarana peningkatan SDM di sekolah.
Dikatannya, perpustakaan sekolah sebagai salah satu penunjang proses belajar bagi siswa, perlu dibina dan dikembangkan secara terus menerus agar dapat memberikan kontribusi, dalam rangka mencerdaskan siswa di sekolah.
Lanjutnya, bintek ini juga untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sekaligus sebagai wahana belajar sepanjang hayat, untuk membentuk manusia yang berahlak mulia, sehat, berilmu.

Jadi, kata dia, peran perpustakaan memegang peranan penting dalam menyukseskan program wajib belajar, sesuai yang dicanangkan oleh pemerintah. Diharapkan peserta akan mampu mengelola perpustakaan dengan baik dan benar, sehingga tercapai keseragaman dalam pengelolaan dan pelaksanaan layanan perpustakaan di tiap-tiap sekolah.***
Sumber : Sofan (Media Kalimantan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...