Selasa, 24 September 2019

Tabligh Akbar KH Bahran Jamil di Angkinang Selatan

Rabu, 25 September 2019



Tabligh Akbar atau Ceramah Agama dalam rangka Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H digelar di RT 1 Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Sabtu (14/09/2019) malam usai shalat Isya. Dengan penceramah KH Bahran Jamil dari Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Sekitar dua jam beliau berceramah di Angkinang Selatan. Sebelumnya ada pembacaan Kalam Ilahi oleh Muhammad Fauzi Rahman dari Bakarung. Sementara pembawa acara Baihaqi Gafuri dari Taniran Kubah. KH Bahran Jamil dalam ceramahnya kerap balulucu agar jamaah tidak jenuh dan mengantuk.

KH Bahran Jamil sempat mengungkapkan ada sekitar 25 tahun tak ceramah di Angkinang. Dulu pernah ceramah saat ada kegiatan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang (sekarang MTsN 3 HSS). Usai ceramah ada pembacaan Shalawat dan Do’a. Diantaranya memohon agar hujan turun dan kabut asap segera hilang serta terhindar dari segala bala bencana.

Ceramah Agama KH Bahran Jamil di halaman rumah warga Angkinang Selatan bernama Ipit Ajam itu berakhir hingga pukul 23.00 WITA. Jamaah memadati tempat kegiatan, yang ada di tepi jalan, juga duduk manis di tikar dan kursi yang disiapkan panitia. Yang tak kebagian tempat, harus ikhlas menggunakan sandal sebagai alas duduk. Mereka tak beranjak hingga ceramah selesai.

Sebelumnya usai shalat Isya saruan ke tempat H Imi / H Mas’ud. Ada acara mahaul Hj Ruqayah sekaligus menjamu KH Bahran Jamil yang akan ceramah agama di halaman rumah Ipit Ajam. Menu yang disajikan tuan rumah berupa telur dan haruan masak habang. Juga semangka dan bingka kantang. Ustadz Salman memimpin pembacaan Tahlil dan Do’a. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)