Kamis, 26 September 2019

Ada Tugu Pal-Palan di Angkinang Selatan

Jum'at, 27 September 2019



Disisi kiri jalan nasional arah Kandangan – Banjarmasin, tepatnya di tepi jalan di RT 1 Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), ada tugu beton, yang kerap disebut warga setempat pal-palan.

Yakni tugu penunjuk jarak. Ada tiga tempat yang tercantum di tugu kecil itu, yakni Bjm (Banjarmasin) 143 kilometer, Kdg (Kandangan) 8 kilometer dan P. Hbw (Pantai Hambawang) 12 kilometer. Jadi jarak dari tempat tinggal saya ke beberapa tempat itu seperti  terpampang di tugu itu, yakni ke Banjarmasin 143 kilometer, Kandangan 8 kilometer, dan Pantai Hambawang 12 kilometer.

Saya tak tahu kapan pal-palan itu dipasang / dibangun. Yang pasti saat saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) sudah ada. Keberadaannya sangat berguna bagi pengguna jalan, sebagai penunjuk jarak tempat yang akan dituju. Setiap satu kilometer ada satu tugu pal-palan itu. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)