Senin, 30 September 2019

Cerpen : Nestapa Kabut Asap

Selasa, 1 Oktober 2019



Kampung Dugal beberapa hari ini terdampak kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah tetangga. Dugal juga merasakan akibatnya. Baik segi kesehatan maupun aktivitas lainnya. Mata pedih, sesak nafas, flu, dsb. Biasanya kabut asap muncul saat Subuh, pagi dan malam.

Pengguna jalan harus hati-hati melintasi jalan. Karena jarak pandang teramat dekat. Menggunakan masker banyak dilakukan oleh warga yang beraktivitas di luar ruangan, termasuk juga para pelajar. Tahun 2015 silam hal yang sama pernah terjadi di tempat Dugal.

Dugal tak habis pikir, ini kejadian yang selalu berulang-ulang setiap tahun. Petinggi di pusat, selalu menyalahkan pejabat di daerah. Bahkan sampai mengancam segala, apabila tak becus menangani Karhutla akan dipecat dari jabatannya. Dugal tak peduli dengan hal seperti itu.

Yang terpenting baginya adalah kabut asap segera hilang. Nestapa ini tak perlu lama-lama ada di daerahnya. Negara jiran ikut menikmati kabut asap ini, mereka tentu berang. Semoga hujan segera turun. Shalat minta hujan dan do’a selalu dipanjatkan setiap waktu.***

Kandangan berkabut
18 September 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)