Senin, 11 September 2017

Kenangan Mengikuti ASKS V Tahun 2008 di Kabupaten Balangan

Selasa, 12 September 2017




Membicarakan Kabupaten Balangan tak akan ada habis-habisnya. Daerah ini menjadi favorit saya, karena menyimpan banyak kenangan. Salah satunya pada tahun 2008 silam. Dimana Kabupaten Balangan menjadi tuan rumah Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) V.

ASKS merupakan ajang pertemuan terbesar sastrawan Kalimantan Selatan yang dihelat setahun sekali, bergiliran di tiap kabupaten / kota yang ada di Kalsel. Seingat saya yang membuka ASKS V adalah Wakil Bupati Balangan (saat itu) Ansharuddin.

Kegiatan berpusat di Gedung Sanggam Paringin. Peserta diinapkan di rumah penduduk sekitar tempat kegiatan. Pada kegiatan tersebut hadir ratusan sastrawan Kalsel yang ikut kegiatan ceramah, dialog serta dan pagelaran sastra.

ASKS V berlangsung sejak Jumat hingga Minggu, 12 s.d 14 Desember 2008. Untuk ceramah dan dialog sastra digelar di Gedung Sanggam, sementara untuk pagelaran sastra di area depan Gedung Sanggam.

Antusias warga Balangan menyaksikan pagelaran sastra terlihat cukup tinggi. Dimana pada malam pelaksanaan, di tempat kegiatan penuh sesak oleh warga masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung penampilan wakil dari kabupaten / kota dalam berolah sastra. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...