Minggu, 17 September 2017

HM Arlan Dimakamkan di Gambah Luar

Senin, 18 September 2017






Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menghadiri pemakaman H Mohammad Arlan, Bupati HSS Periode 1988-1993, Sabtu (16/09/2017) sore.

Almarhum dimakamkan di alkah keluarga di Desa Gambah Luar, Kecamatan Kandangan sekitar pukul 16.00 WITA. Sebelumnya jenazah di bawa dari Banjarmasin ke Kandangan dan di shalatkan terlebih dahulu di Masjid Agung Taqwa Kandangan. HM Arlan meninggal pada hari Jum’at (15/09/2017) di Rumah Sakit Ansyari Saleh Banjarmasin.

HM Arlan lahir di Kandangan, 23 Oktober 1938, merupakan anak ke 4 dari 10 bersaudara. Menempuh pendidikan dari tingkat SD sampai SMP di Kandangan, kemudian melanjutkan SMA di Yogjakarta dan melanjutkan pendidikan pada Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada.

HM Arlan mengawali karier sebagai guru SMA 1 Kandangan, dan merupakan salah satu pendiri SMA 1 Kandangan. Almarhum pernah bertugas di Kantor Pembangunan Masyarakat Desa Provinsi Kalimantan Selatan, dan Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada 17 Juni 1988 dia dipercaya menjabat Bupati HSS. HM Arlan meninggalkan seorang istri bernama Hj Hartati dan 3 orang anak serta 5 orang cucu.

Usai prosesi pemakaman Bupati HSS H Achmad Fikry menyampaikan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya sosok yang menjadi panutan banyak orang tersebut.

“Banyak hal yang beliau tanamkan kepada kami, beliau juga sangat menghargai terhadap daerahnya ini dibuktikan setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten HSS beliau selalu hadir meski kesehatan beliau kurang bagus” kata Bupati H Achmad Fikry.

Bupati HSS juga mengatakan setiap kali bertemu, almarhum selalu mendorong agar senantiasa terus membangun Hulu Sungai Selatan dan ini menjadi pertanda bahwa almarhum adalah sosok pemimpin yang sangat cinta akan daerahnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati H Achmad Fikry bahwa almarhum banyak berjasa untuk Hulu Sungai Selatan sehinga sudah sepantasnya masyarakat HSS berterima kasih kepadanya.

“Beliau pernah menjadi guru pertama di SMA 1 Kandangan, bahkan setiap peringatan hari ulang tahun SMA 1 Kandangan nama beliau selalu disebut sebagai guru pertama, masyarakat Hulu Sungai Selatan sangat pantas berterima kasih kepada beliau” kata Bupati HSS.

Bupati H Achmad Fikry berharap almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran, keikhlasan serta ketabahan. “Walaupun secara fisik beliau sudah tidak berada ditengah-tengah kita namun jalinan silaturahmi antara keluarga dengan Pemerintah Kabupaten HSS tetap terjalin,” ungkap Bupati HSS.

Prosesi pemakaman almarhum HM Arlan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati H Ardiansyah, Ketua DPRD Syamsuri Arsyad, Sekda HSS HM Ideham, Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah A Fikry, para Kepala SKPD Lingkup Kabupaten HSS, Ketua MUI HSS KH Mochyar Dahri, para alim ulama dan tokoh masyarakat. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...