Jumat, 29 September 2017

Berkah Shalat Berjamaah

Sabtu, 30 September 2017


Selasa (26/09/2017) saya pulang dari tempat kerja dari biasanya. Perasaan tak nyaman hati, jadi saya pulang ke rumah sekitar pukul 11.00 WITA. Jarak tempat saya bekerja ke rumah sekitar satu kilometer. Entah kenapa dalam beberapa hari ini saya agak galau.

Suasana hati tak nyaman, jadi mempengaruhi diri saya dalam beraktivitas. Setibanya di rumah saya merebahkan diri sambil menonton televisi. Karena inilah satu-satunya hiburan yang saya dapatkan. Tengah hari suara azan Dzuhur berkumandang.

Entah kenapa saya ringan kaki untuk pergi ke Langgar untuk shalat Dzuhur berjamaah. Biasanya kalau Dzuhur saya shalat di tempat kerja. Kali ini saya shalat Dzuhur berjamaah ke Langgar Al Kautsar, yang berjarak sekitar beberapa puluh meter dari rumah saya, dengan menyeberang jalan.

Yang Azan adalah Sari, sementara untuk Imam adalah Rasyidi. Usai shalat Dzuhur saya lihat ada dua anak murid saya dulu di madrasah yang sekarang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Angkinang, juga ikut shalat Dzuhur.

Mereka menyalami saya saat mau keluar Langgar, mau kembali menuju sekolahnya yang berjarak sekitar beberapa ratus meter. Usai shalat Dzuhur diundang ke rumah Sukransyah / Abahnya Atung  ke rumahnya untuk selamatan / mahaul.

Bersama jamaah lain, saya masuk ke rumah Usuk. Pada saat itu dibacakan Surah Yasin dan Tahlil dipimpin H Mastur. Usai do’a undangan disuguhi makanan berupa menu nasi putih berlauk haruan panggang bagangan kastila.

Terasa nikmat sekali makan kali ini. Usai saruan di tempat Sukransyah saya pulang ke rumah. Inilah berkah shalat berjamaah yang saya dapatkan hari ini. Bisa terus memicu diri saya untuk konsisten menjalankan ibadah shalat berjamaah. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)