Senin, 06 Juli 2015

Jalan Bakarung - Karang Jawa Kapan Diperbaiki ?

Selasa, 7 Juli 2015




Siapa bilang kondisi jalan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) 100 persen mulus. Lihatlah salah satunya ruas jalan Bakarung – Karang Jawa yang kondisinya cukup memprihatinkan. Entah sengaja tak diperhatikan, dari zaman baheula sampai sekarang tak ada tanda-tanda perbaikan. Sudah berapa pemimpin yang silih berganti dan pernah berjanji mengatasinya tapi tak pernah ditepati.

Ketika melintasi ruas jalan sekitar 5 kilometer itu kita akan merasakan ketidaknyamanan. Apalagi bagi saya yang mempunyai sepeda motor super butut. Kerap merasa tak nyaman apalagi basampukan dengan pengendara lain. Gararakan saya rasakan. Andai mulus tak seperti itu yang saya alami.

Kondisi jalan rusak hampir meliputi di ruas jalan yang ada di dua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Angkinang dan Kecamatan Padang Batung itu. Beberapa desa yang dilintasi jalan tersebut adalah Bakarung, Teluk Yakin, Sungai Kudung, Kambang Basar, Tabihi, dan Karang Jawa. Ada yang seperti kubangan kerbau. Ada aspalnya yang terkelupas. Ada pula yang tinggal kerikil dan menyisakan debu bila sedang  musim kemarau.

Mungkin ketidaknyamanan juga dirasakan yang lainnya. Apakah pihak berkompeten di Kabupaten HSS mengetahui masalah ini ? Apakah wakil rakyat yang duduk manis di DPRD HSS juga pernah merasakan lewat jalan tersebut ? Mudahan saja hal ini segera diketahui dan ditanggapi untuk segera dicarikan solusi terbaik.

Apakah pemerintah daerah tega rakyatnya menderita hanya karena kondisi jalan rusak yang dibiarkan begitu saja. Saya tak tahu ini kewenangan siapa. Apakah statusnya jalan kabupaten atau jalan provinsi. Tapi apapun adanya sarana prasarana tersebut cukup vital bagi warga. Tak ada salahnya siapapun peduli dengan hal ini.

Kepedulian saya hanya sebatas menuliskan permasalahan ini lewat blog saja, setidaknya bisa diketahui khalayak umum. Bahwa masih ada jalan rusak di Kabupaten HSS yang tak tersentuh tangan-tangan yang berkuasa dan punya kemampuan untuk mengatasinya, karena memang itu tugasnya. Maafkan bila hal ini tak mengenakkan. Tapi warga tetap berharap dan menunggu agar  ruas jalan  Bakarung – Karang Jawa bisa baik kembali dan mulus untuk dijalani. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...