Senin, 20 Juli 2015

Shalat Jumat di Masjid Besar Al Aman Angkinang

Selasa, 21 Juli 2015




Saya melakukan Safari Jum’at (SJ) di Masjid Besar Al Aman Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Jum’at (17/07/2015). Jarak dengan rumah saya sekitar 300 meter. Saya berjalan kaki menuju masjid tersebut. Baru kali ini saya kembali shalat Jum’at di Masjid Al Aman. Biasanya saya shalat Jum’at di masjid lainnya yang ada di Kabupaten HSS. Berangkat dari rumah sekitar pukul 11.00 WITA.

Saat saya datang suasana masjid masih lengang. Karena sudah berwudhu di rumah, jadi saya langsung saja masuk masjid. Mencari shaf belakang. Dengan alasan mudah memantau keadaan di depan. Melakukan shalat Tahiyatul Masjid. Setelah itu i’tikaf menunggu shalat Jum’at dimulai. Satu-persatu jamaah mulai berdatangan.

Panitia menyampaikan pemberitahuan tentang beberapa hal. Seperti saldo kas masjid yang mencapai Rp 7 juta. Lalu tentang petugas Jum’at yang kali ini giliran Langgar Pulantan.

Bertindak selaku Bilal/Muadzin H Imran Panani. Sementara Imam/Khatib saya lupa namanya. Tanda tibanya shalat di masjid ini menggunakan dauh atau bedug. Dalam khotbahnya Khatib menyampaikan tentang puasa melahirkan pribadi muslim yang tangguh.

Masjid Besar Al Aman Angkinang berada di sisi kiri jalan arah Banjarmasin – Tanjung. Masjid ini beberapa kali direnovasi hingga menjadi seperti sekarang. Masjid ini memiliki empat tiang utama. Kepengurusan masjid pun kerap berganti. Sekarang kepengurusan diketuai H Ardiansyah. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...