Rabu, 15 Juli 2015

Melintasi Enam Kecamatan Jelang Lebaran

Kamis, 16 Juli 2015




Karena memang hobi dan senang Kamis (16/07/2015) saya kembali melakukan jalan-jalan. Kali ini melintasi kampung atau desa-desa yang ada di enam kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Saya memulai start pukul 08.00 WITA dari tempat saya bekerja, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang. Yang berjarak 7,5 kilometer dari Kandangan, ibukota Kabupaten HSS.

Yang pertama dilintasi adalah wilayah Kecamatan Angkinang, dimana saya menuju dan melewati Desa Angkinang Selatan, Tawia, Taniran Kubah, dan Wawaran. Lalu di Kecamatan Kandangan melewati Sungai Kupang, Gambah, Amawang, dan Bariang. Dengan ditemani sepeda motor Supra Fit kesayangan yang bernopol DA 2294 DA.

Terus Kecamatan Simpur ada Wasah, Baru, Pamujaan. Kecamatan Sungai Raya  ada Batang Kulur. Kecamatan Padang Batung ada Karang Jawa, Ambarai, dan Pandulangan. Kecamatan Telaga Langsat ada Ambutun, Mandala, Telaga Langsat.

Di Telaga Langsat saya singgah tepatnya di rumah Diding. Ia adalah teman lama saya waktu sekolah di MTsN Angkinang dulu. Nama lengkapmya Muhammad Ardani. Banyak hal yang diperbincangkan. Terutama soal nasib teman-teman dulu yang se kelas.  Diding cukup besar ingatannya dengan nama-nama teman sewaktu di MTsN Angkinang dulu. Ia menyebut banyak nama.

Setela itu saya pamit pulang kepada Diding. Lalu balik lagi ke Kecamatan Angkinang ada Telaga Sili-Sili. Lewat Pandulangan, Tabihi, Kambang Basar dan Sungai Kudung semuanya di Kecamatan Padang Batung. Lalu ke Bakarung dan kembali ke tempat kerja dan tempat tinggal saya di Angkinang Selatan.

Banyak hal yang saya temukan selama jalan-jalan ini. Jalan rusak yang saya lewati dan hampir merata di seluruh kecamatan. Karena dekat lebaran Idul Fitri 1436 H banyak warga maupun orang memenuhi kampung halaman mereka.

Setelah jalan-jalan tersebut selesai saya balik ke tempat kerja, sampai disana sekitar pukul 11.00 WITA. Memposting tulisan hasil perjalanan tersebut ke blog. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...