Selasa, 14 April 2015

Suling Bamban Terbit Kembali

Selasa, 14 April 2015





            Untuk kesekian kalinya saya melihat karya saya berupa kisah Bahasa Banjar berjudul Suling Bamban dimuat di Harian Banjarmasin Post (BPost) edisi Minggu (12/04/2015). Kisah Si Palui tersebut pertama kali saya kirim tahun 2005 dan dimuat pada tahun itu juga tepatnya pada edisi Kamis, 15 September 2005 / Syaban 1426 H. Minimal sudah 3 kali dimuat ulang.
Mungkin orang tidak tahu kalau itu merupakan karya saya. Karena sesudah pertama kali terbit diakhir tulisan tidak lagi mencantumkan nama saya sebagai pemilik sah tulisan itu melainkan hanya kode dari redaksi BPost. Tapi saya tak mempermasalahkan hal itu. Tak juga menginginkan royalti berkepanjangan atas pemuatan tulisan itu.
Saya akui dari pengiriman tulisan tersebut sampai sekarang saya tak memperoleh keuntungan materi. Tak pernah dapat honor dari menulis cerita berbahasa Banjar tersebut. Hanya idealis saja . Demi sebuah kesenangan dan kebanggaan kalau tulisan kita dimuat di harian terbesar dan terkemuka di Kalimantan tersebut. Di halaman depan lagi dimuatnya.
Lewat tulisan tersebut saat tahun 2005 terbit pertama kali saya mendapat banyak respon. Baik pertanyaan maupun ucapan selamat atas dimuatnya cerita tersebut. Jarang ada penulis luar bisa menembus dan membuat kolom khusus Si Palui yang menjadi ikon BPost tersebut. Alhamdulillah saya bisa melakukannya. Walaupun sampai sekarang saya tak pernah lagi ikut berkontribusi mengisi kolom tersebut.
Tetangga saya langsung bertanya kepada saya, “ Kamukah yang menulis Si Palui di BPost yang judulnya Suling Bamban ? “ Saya jawab dengan jujur ya. “Salut buat kamu, “ ujarnya lagi.
Setelah melihat cerita tersebut dimuat kembali menambah gairah saya untuk terus menulis. Tak hanya satu genre tulisan tapi semua yang bisa saya lakukan. Karena menulis sudah menjadi bagian hidup saya yang tak akan terpisahkan sampai kapanpun. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)