Minggu, 26 April 2015

Mengambil Berkah Dari Haulan Guru Sekumpul

Senin, 27 April 2015




Umat Islam di Kalimantan Selatan tumpah ruah memadati Kompleks Mushala Ar Raudah Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar, tempat haulan Guru Sekumpul digelar pada Minggu (26/04/2015). Bukan hanya di sekitar tempat tersebut tapi juga sampai beberapa kilometer dari lokasi. Mereka ingin mengambil berkah dalam rangka haulan wafatnya ulama kharismatik Kalsel, KH Muhammad Zaini Abdul Gani , atau yang akrab dikenal Guru Sekumpul.

Jamaah bukan hanya dari Kalsel tapi juga dari daerah lain seperti Kalteng, Kaltim, pulau Jawa. Bahkan ada dari Malaysia. Datang sendiri atau secara rombongan. Momentum tahunan  menyebabkan kota Martapura jadi lautan manusia. Puluhan bahkan ratusan ribu umat Islam berkumpul.

Rumah warga dijadikan area untuk mengikuti haulan tersebut. Sepertinya warga sudah paham akan hal itu. Dengan ikhlas mereka menyediakan  rumah unutk dijadikan tempat menampung jamaah yang melimpah ruah. Para jamaah yang dari berbagai tempat dan jarak yang begitu jauh hadir dengan semangat tinggi mengikuti acara tersebut. Baik jamaah laki-laki, perempuan, tua-muda, anak-anak dan dari berbagai kalangan.

Mereka menyatu dalam naungan jamaah haulan untuk memperingati wafatnya KH Zaini Abdul Gani. Ada yang naik sepeda motor, mobil pribadi atau angkutan umum lainnya. Rela mengeluarkan banyak waktu, tenaga, dan dana untuk hadir pada haulan tersebut. Panitia menurunkan puluhan bahkan ratusan petugas keamanan untuk kelancaran acara tersebut.

Perlu diketahui Guru Sekumpul adalah nama lain dari KH Muhammad Zaini Abdul Gani. Nama kecil beliau Qusyairi. Selain Guru Sekumpul panggilan lainnya adalah Guru Ijai dan Tuan Guru. Lahir di Martapura 11 Februari 1942. Meninggal 10 Agustus 2005 dalam usia 63 tahun.

Karya terkenal beliau Risalah Mubarakah, Manaqib Asy-Syekh As-Sayyid Muhammad bin Abdul Karim Al-Qadiri Al-Hasani As Samman Al-Madani, Ar-Risalatun Nuraniyah fi Syarhit Tawassulatis Sammaniyah, Nubdzatun fi Manaqibil Imamil Masyhur bil Ustadzil a’zham Muhammad bin Ali Ba’alawy. Memiliki gelar Al Alimul Allamah Al Arif Billaah Al Bahrul Ulum Al Waliy Qutb As Syaikh Al Mukarram Maulana.  (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)