Selasa, 07 April 2015

Pertunjukan Tradisi Lisan Balamut M Jamhar Akbar

Selasa, 7 April 2015


            M Jamhar Akbar merupakan palamutan generasi keempat jika dirunut dari datunya, Raden Ngabi Jayanegara yang tinggal di Jalan Kuantan, Tanah Habang, sebelum Paliwara, Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Tanah Habang (tanah merah) itu kini dilindas oleh aspal. Raden Ngabi Jayanegara menikah dengan Gusti Tasih dari Mambangin, Barito Kuala dan memiliki sebelas anak. Di Amuntai ia dikenal dengan sebutan Anak Cucu Orang Sepuluh. Pada 25 Juni 2009 ia menerima Penghargaan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia sebagai Maestro Tradisi Lisan Lamut.
            Panel 1 Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) X Banjarbaru akan menggelar Pertunjukan Tradisi Lisan Balamut oleh M Jamhar Akbar pada 12 Oktober 2013 pukul 16.00-18.20 WITA. Bertempat di Aula LPMP Kalsel. Ia akan mengisahkan episode Bujang Laut dan Bujang Sakti. Ini undangan buat Anda untuk menyaksikannya.
            Dendam Kancing Jaya kepada Bujang Busur yang mengawini adiknya, Raden Galuh Kain Kasmiran, membuatnya bertindak melewati batas. Kancing Jaya meracuni Bujang Busur. Bujang Busur tewas dan dibuang di pesisir. Mayatnya ditemukan oleh kedua kakaknya : Bujang Laut dan Bujang Sakti. Bujang Sakti menangis histeris. Air matanya jatuh ke mulut Bujang Busur. Air mata itulah yang menghidupkan kembali Bujang Busur. Mereka mengajak Bujang Busur untuk membalas dendam, tetapi Bujang Busur menahannya. Selain karena pertimbangan negeri Banua Hewan itu kecil, tak ada gunanya melawan orang licik yang tidak berani berhadap-hadapan. Mereka bertiga memilih untuk melanjutkan perjalanan, berkelana dan berguru kepada pengalaman hidup lain. Bujang Sakti menuju Timur, Bujang Laut menuju Selatan, dan Bujang Busur menuju Utara. Mereka menghadapi satu musuh tangguh yang sama : Bangbang Teja Geni, penjelmaan Sultan Aliyudin. Kisah Bujang Busur sudah sering dikisahkan, tetapi pengalaman Bujang Sakti dan Bujang Laut di Timur dan Selatan, belum pernah diceritakan. Bagaimana serunya perang antara Bujang Laut dan Bujang Sakti dengan Teja Geni ?
            Scripta Cendekia akan memberikan hadiah paket berisi 10 buku bagi 3 penonton yang mampu menulis sinospis yang baik sepanjang 1000 kata. Kirim sinopsis atau ringkasan cerita pertunjukan ini ke : scriptacendekia@gmail.com paling lambat 1 (satu) minggu dari tanggal pertunjukan. Selain itu, 3 penulis sinopsis atau ringkasan cerita itu akan mendapatkan CD video pertunjukan. Untuk konsultasi pelatihan balamut, wawancara, dan undangan pertunjukan, hubungi langsung M Jamhar Hidayat di : 085393678369

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)