Jumat, 17 Oktober 2014

Instrumen Non Testing MTsN Angkinang

Sabtu, 18 Oktober 2014


Check List Kebiasaan Belajar (Study Habit)

Petunjuk :
1. Di bawah ini terdapat pernyataan-pernyataan yang berhubungan cara belajar, cara mengatur waktu, persyaratan-persyaratan belajar dan hal-hal lain yang berhubungan dengan belajar.
2. Berilah tanda pada nomor yang sesuai dengan keadaan kamu.
3. Lakukanlah secara jujur, agar hasilnya dapat dipakai untuk membantu kamu dalam meningkatkan cara belajar yang baik.

1. Saya mempunyai cukup waktu untuk belajar di rumah
2. Di rumah saya tidak mempunyai waktu yang cukup untuk belajar
3. Saya belajar setiap hari secara teratur
4. Saya belajar kalau ada ulangan
5. Saya terlalu banyak membantu orang tua di rumah
6. Saya mempunyai daftar waktu untuk belajar
7. Saya tidak mempunyai daftar waktu untuk belajar
8. Saya mempunyai kelompok belajar di rumah
9. Ada kamar belajar sendiri di rumah
10. Lampu ruang belajar di rumah cukup memenuhi syarat
11. Adik-adik sering mengganggu belajar saya
12. Teman-teman saya sering mengganggu saya sewaktu belajar
13. Suara bising di jalan sering mengganggu saya belajar
14. Saya bisa tidur siang
15. Saya tidak bisa tidur siang
16. Di rumah saya mempunyai kegiatan-kegiatan olahraga, organisasi atau lainnya selain membantu orang tua
17. Biasanya bahan-bahan belajar yang sulit saya pelajari lebih dahulu, baru kemudian bahan-bahan yang ringan
18. Saya tidak merencanakan bahan apa yang harus dipelajari lebih dahulu
19. Saya merasa kurang cocok terhadap jurusan saya
20. Saya sudah merasa cocok terhadap jurusan yang saya ambil
21. Orangtua menentukan jurusan yang saya ambil
22. Saya bersama orantua menentukan jurusan yang saya ambil
23. Saya sendiri yang menentukan jurusan yang saya ambil
24. Ada beberapa pelajaran yang sulit saya mengerti
25. Saya dapat mengikuti sistem pendidikan di sekolah ini
26. Saya sulit mengikuti sistem pendidikan di sekolah ini
27. Saya tidak mengerti tentang sistem pendidikan di sekolah lain
28. Alat-alat belajar selalu tidak mencukupi dan tidak terbeli
29. Uang SPP selalu mengganggu belajar saya
30. Orangtua saya selalu memperhatikan penggunaan waktu belajar saya di rumah
31. Orangtua tidak memperhatikan penggunaan waktu belajar saya di rumah
32. Saya belajar karena dorongan dan kebutuhan saya sendiri
33. Saya belajar karena dorongan kawan
34. Saya kurang jelas apa manfaat beberapa pelajaran yang saya ikuti
35. Buku-buku pelajaran saya cukup lengkap
36. Catatan saya cukup lengkap
37. Saya tidak begitu berminat terhadap buku-buku pelajaran
38. Sulit memahami buku-buku di perpustkaan
39. Saya sering membaca buku-buku di perpustakaan
40. Saya kadang-kadang membaca buku di perpustakaan
41. Kadang-kadang saya bertanya kepada bapak / ibu guru
42. Jarang saya bertanya kepada bapak / ibu guru
43. Saya tidak dapat belajar dengan merangkum buku
44. Saya tidak tahan lama-lama dalam belajar
45. Saya mudah mencontek di kelas

JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT UNTUK MELENGKAPI KEKURANGAN DI ATAS !

1. Berapa jam kah rata-rata dalam satu hari kamu menggunakan waktu untuk belajar ? Siang hari sesudah pulang sekolah. Berapa jam ? Mulai jam berapa sampai jam berapa ?
2. Apakah kamu memerlukan keterangan cara-cara belajar yang baik ? Ya / Tidak. Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang kamu pilih. Bila memerlukan, masalah apa yang kamu pilih ? Cara belajar yang efektif, cara menghafal dan cara membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...