Sabtu, 09 Agustus 2014

Lomba Balogo dan Tarik Upih di Kandangan

Minggu, 10 Agustus 2014



             Lomba Tarik Upih


Lomba Balogo


Disaksikan pejabat teras Pemkab HSS


Pejabat HSS ikut merasakan sensasi tarik upih


Pendamping dan peserta dari MTsN Angkinang

Masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tampak antusias menyaksikan Lomba Balogo dan Tarik Upih yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) HSS, Minggu (10/8/2014) di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

            Kepala Disbudpar HSS, Totok Agus Daryanto, S.Pd, menyampaikan acara ini digelar dalam upaya melestarikan permainan tradisional dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 69. “ Kegiatan ini diikuti para pelajar SMP/SMA sederajat se HSS. Pemenang I, II, dan III mendapatkan uang pembinaan, tropi, dan piagam penghargaan dari panitia,” ujar Totok Agus Daryanto.

            Pejabat Pemkab HSS ikut membaur bersama warga menyaksikan acara ini. Seperti Sekda HSS, Ideham dan Kepala Dinas Pendidikan HSS, Nordiansyah. Mereka bahkan ikut merasakan sensasi  tarik upih disela-sela peserta sedang rehat.

            Lapangan Tugu – sebutan lain Lapangan Lambung Mangkurat - tampak padat dipenuhi para penonton. “Sangat jarang acara seperti ini jadi saya ikut menyaksikannya. Kebetulan bersamaan dengan acara Car Free Sunday yang digelar Pemkab HSS setengah bulan sekali,”ucap Dewi Nuzuliah, warga Kandangan.

            Acara seperti ini, dikatakan Dewi sangat bagus untuk dilestarikan. “Mudahan selalu dihelat oleh pihak yanhg berwenang. Sebagai upaya pelestarian lomba tradisional. Agar tak punah digerus zaman,” ujar Dewi Nuzuliah.

            Salah seorang peserta Lomba Tarik Upih, Kasmiati dari MTsN Angkinang, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini. “ Waktu SD sering melakukan tarik upih di kampung. Sekarang jarang. Untuk itu saya langsung memutuskan ikut saat diajak mewakili MTsN Angkinang. Mudahan berhasil menoreh prestasi,” ujar Kasmiati.

            Lomba berlangsung dari pukul 08.00 WITA s/d selesai. Untuk lomba tarik upih final dilanjutkan  hari Senin (11/8/2014) pukul 15.00 WITA di tempat yang sama. (akhmad husaini)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)