Senin, 23 Oktober 2017

Mendulang Harapan di Sungai Angkinang

Selasa, 24 Oktober 2017


Sudah berminggu-minggu ini Sungai Angkinang selalu ramai di sore hari. Tepatnya di Pulantan, Desa Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Berjarak sekitar 9 kilometer dari Kandangan, Ibukota Kabupaten HSS.

Semua warga baik tua, muda, anak-anak, laki-laki, maupun perempuan, turun ke sungai. Dengan membawa alat pendukung mendulang emas seperti linggangan, cangkul, linggis, dsb. Mereka mencari emas yang diduga banyak di sungai tersebut.

Tak tahu secara pasti siapa yang mengawali mendulang emas tersebut. Ini menjadi pekerjaan baru warga disana selain sebagai petani dan pekebun. Suasana sungai tampak ramai karena penuh dengan manusia. Sambil mendulang mereka bercengkerama dengan sesama.

Menjelang senja mereka naik ke darat atau pulang ke rumah masing-masing, untuk kemudian pada esok hari kembali melakoni kegiatan tersebut. Selain emas ada juga benda berharga lainnya yang didapatkan warga bila sedang beruntung. Ada uang koin, bebatuan unik, serta yang lainnya.

Hasil yang didapatkan sungguh cukup lumayan. Emas yang mereka dapatkan dijual kepada pengepul. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kalau berlebih bisa ditabung. Entah sampai kapan kegiatan mendulang ini akan terus berlangsung. Warga mendapatkan pekerjaan yang membuat senang. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)