Senin, 23 Oktober 2017

Mengenang Kakek Lewat Foto

Selasa, 24 Oktober 2017


Saya tak sengaja memperoleh selembar foto. Foto kenangan dan sangat berharga. Dalam foto itu tampak kakek saya dari pihak ibu, bernama H Saderi sedang duduk bersama undangan lainnya. Saat itu kakek saya berfoto sekitar tahun 1990-an.



Kakek saya hadir ke tempat itu sebagai perwakilan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Angkinang. Hadir pada acara di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang bersama undangan lainnya. Pada foto itu kakek saya berada pada nomor dua dari kiri sedang memakai peci warna putih. Juga hadir dari pihak Kecamatan Angkinang dan undangan lainnya.



Kakek adalah sosok yang tegas. Selalu peduli dengan keluarga. Kakek saya sosok yang pendiam, keras dan bijak. Pernah suatu hari saya diajak kakek ke Kamat, sekitar 4 kilometer dari rumah saya. Naik sepeda kesana saya dibonceng di belakang. Yang lucu justru saya disuruh kakek naik sepeda duduk seperti wanita.



Bukang babirangkang seperti anak laki-laki kebiasaan, tapi duduk diancak, pantat dan tubuh mengarah ke kiri. Semula saya menolak, merasa malu dilihat orang, anak laki-laki duduk seperti anak perempuan. Tapi saya menuruti saja. Tak ingin bermasalah dengan kakek. Alhamdulillah semua perjalanan pergi dan pulang selamatan saja.



Beliau merupakan perokok berat. Setiap kali habis yang diisap, saya disuruh ke toko membeli rokok kesenangan beliau yakni Kansas warna orange. Beliau juga peduli kepada saya bila sedang sakit, pagi-pagi beliau membawa saya ke Puskesmas untuk berobat atau disuntik. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)