Minggu, 01 Oktober 2017

Kandangan Siap Jadi Tuan Rumah ASKS XIV Tahun 2017

Senin, 2 Oktober 2017


Genderang Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XIV Tahun 2017 sudah ditabuh, dan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) adalah sebagai pelantangnya. Pungkala ini merupakan pemenuhan atas amanat sidang pleno ASKS XIII di Kabupaten Tanah Laut awal Desember 2016 lalu, yang juga sebagai penguatan atas hasil sidang pleno di beberapa ASKS sebelumnya.

Ekspektasi yang dicuatkan masyarakat sastra Kalsel pun agaknya begitu gempita, hal ini boleh jadi dikarenasebabkan setidaknya oleh dua ihwal. Pertama, di Kandanganlah untuk kali pertama ungkara ini bingkas di tahun 2004 lalu, dibidani dan ditasmiahi oleh sastrawan Kandangan pula.

Kembalinya helatan ini akan ditanggap di Kandangan menjadi putaran kedua setelah 13 tahun berkanjangria di seluruh kabupaten / kota di Kalsel. Geliat ini tentunya membawa semacam renjana yang dihendakkan mampu melipur dahaga sastrawi para pemuja kata di Banua.

Kedua, di sepanjang tikuan waktu, di Kandangan selalu tumbuh dan berkecambah sastrawan-sastrawan belia generasi pelanjut penjemba estafeta – sesederhana apa pun makna sastrawan itu.

Karena memang, sebagaimana dituliskan Muhammad Radi dalam Sajak Kotaku; Kandangan (adalah) rahim para penyair. Mereka-mereka inilah yang nantinya akan ambil bagian balinjang dan bakunjang menyukseskan ASKS tahun 2017 di Kandangan. Kadada alasan lagi kada bamanusia manggudar ASKS di Kandangan. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS Senin Pagi

 Senin, 20 Mei 2024 Suasana di ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS, pada hari Senin (20/05/2024) pagi. (ahu)