Senin, 06 April 2015

Membuat Hintalu Karuang

Senin, 6 April 2015





            Kalimantan Selatan memiliki banyak khazanah  kuliner yang memiliki daya tarik untuk dinikmati. Salah satunya adalah Hintalu Karuang. Kuliner ini bisa ditemui di beberapa tempat di banua Banjar. Salah satunya di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Banyak dijual di warung-warung. Atau juga bisa ditemui saat acara pesta perkawinan maupun kegiatan keagamaan.

Untuk membuatnya cukup mudah. Bahan yang digunakan adalah tepung ketan, air hangat, air kapur sirih, santan, gula merah, garam, telur, dan es batu. Adapun cara membuatnya aduk tepung ketan, air hangat, garam, dan air kapur lalu aduk sampai kalis. Bentuk adonan bulat seperti kelereng. Masukkan bulatan ketan lalu rebus dalam air mendidih hingga terapung dan matang. Angkat lalu tiriskan.

Kemudian rebus santan dan gula hingga gula larut, angkat lalu saring. Didihkan kembali. Masukkan telur sambil diaduk-aduk. Lalu masukkan bulatan ketan. Angkat. Dinginkan. Sajikan, bisa ditambah dengan es batu. Hintalu Karuang bisa dinikmati bersama keluarga ditemani teh manis di pelataran rumah. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)