Jumat, 03 April 2015

Jalan-Jalan ke Amuntai

Sabtu, 4 April 2015







            Lama tak jalan-jalan. Mumpung libur, Jum’at (03/04/2015) saya jalan-jalan ke Amuntai, Kabupaten Hului Sungai Utara (HSU). Saya tak tahu persis berapa jaraknya dari tempat saya di Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Yang pasti lebih dari 50 kilometer.

Saya kesana naik sepeda motor kesayangan, Supra Fit. Ditemani Rizal, sahabat akrab se kampung. Berangkat sekitar pukul 10.00 WITA. Namun saat berada di Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), tepatnya di Kapuh, hujan lebat turun. Inilah kendalanya. Hampir beberapa tahun memiliki sepeda motor dan senang jalan-jalan.

Namun ada satu hal yang selalu terabaikan. Yakni tidak memiliki jas hujan sendiri. Untuk beli yang murah saja tak bisa. Padahal ini cukup penting. Akibatnya untuk beberapa saat kami tak bisa melanjutkan perjalanan. Takut kebasahan selama perjalanan. Jadi singgah di Masjid Nurul Hikmah Kapuh. Duduk di teras masjid menunggu berpuluh-puluh menit hujan reda. Namun hingga menjelang shalat Jum’at tak juga reda.

Akhirnya kami putuskan untuk terus melanjutkan perjalanan. Beberapa kawasan terlewati. Pakaian pun basah kuyup. Kami berhenti sekaligus mau menunaikan shalat Jum’at di Danau Ceramin, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten HSU. Tepatnya di masjid Baiturrahman. Usai shalat Jum’at kami melanjutkan perjalanan  ke Amuntai. Hujan sedikit reda. Masih ada rintiknya.

Sesampainya di Amuntai kami menuju halaman Masjid Raya Amuntai. Kebetulan saya lihat ada orang berjualan pecel. Seorang nenek dengan gerobak dorongnya. Dia berjualan pecel. Kebetulan rindu dengan pecel. Saya memesan dua porsi. Sambil duduk kami menikmati pecel tersebut. Ditemani air putih. Setelah selesai menikmati pecel saya membayar harga pecel tersebut.

Kemudian kami menuju Tugu Itik. Disini kami berfoto-foto. Naik ke Jembatan Paliwara Amuntai terus arah Alabio. Singgah di sekitar Terminal Angkutan Pedesaan Alabio. Mampir ke sebuah warung menikmati es campur. Melihat suasana disana orang berjualan banyak sekali. Ada yang berjualan langsat dan rambutan. Setelah itu kami pulang. Arah jalan ke Nagara.

Masih di Kabupaten HSU sempat menyaksikan dikiri-kanan jalan banyak orang berjualan. Pasar malam mungkin itu. Kami shalat Ashar di Langgar Al Ikhlas Muara Gambah. Mengantar Rizal ke rumahnya. Saya ke tsanawiyah. Menyimpan file foto hasil perjalanan ke Amuntai tadi. Sebagian di posting ke blog pribadi. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...