Rabu, 01 April 2015

Catatan Dari Ramah Tamah dan Silaturrahmi Bupati HSS dengan Seniman

Kamis, 2 April 2015






            Rabu (01/04/2015) malam menjelang shalat Isya saya berangkat ke Kandangan, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Berjarak sekitar 10 kilometer dari tempat saya tinggal di Angkinang. Sekitar 20 menit ditempuh dengan sepeda motor. Setibanya di Pendopo HSS sudah banyak orang. Malam itu diadakan Ramah Tamah dan Silaturrahmi Bupati HSS dengan Pengurus Dewan Kesenian dan Unsur Seniman.

Saat datang ada teman yang sedang duduk santai di teras Pendopo HSS. Yakni Ahdi Perdana Putera dan Aan Maulana. Saya memakai sasirangan dan sandal. Melihat peserta lain memakai pakaian resmi saya ganti salumur. Karena sudah disiapkan dari rumah, saya lalu memakai sepatu dan baju seragam Dewan Kesenian HSS.

Tak lama kemudian saya masuk ke ruang dalam Pendopo HSS. Kegiatan bertempat di ruang 2. Bukan di ruang 1 seperti biasa yang kerap hadir pada suatu kegiatan. Hadir pada kesempatan  itu beberapa seniman yang saya kenal. Ada Aliman Syahrani, Iwan Yusi, Muhammad Radi, HA Syarmidin, dll. Bupati HSS, H Achmad Fikry hadir bersama Ketua DPRD HSS, Syamsuri Arsyad, serta para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Camat se Kabupaten HSS. Sebelumnya peserta kegiatan mengikuti makan malam bersama.

Hal ini tak saya sia-siakan. Mumpung perut lagi keroncongan. Karena banyak orangnya terpaksa antre dulu. Terlebih dulu saya mengambil piring kecil lalu mengisinya dengan beberapa biji rambutan dan langsat yang disediakan. Setelah itu mengambil teh manis. Lantas meletakkannya diatas meja bundar tempat kami berada. Dalam meja bundar kami ada bertujuh. Saya, Aan, Aliman, Ahdi, dan tiga lainnya (satu laki-laki dan dua perempuan).

Ketika agak lengang saya mengambil nasi, ikan ayam, beserta sayuran yang tersedia. Tak lupa mengoles dengan kecap. Lalu kembali ke tempat duduk. Menikmati makanan tersebut beberapa saat. Suasana saat makan peserta kegiatan dihibur dengan penampilan musik panting. Terasa sangat menyejukkan dan memanjakan diri saat berada disini.

Ada banyak yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Seperti dana / anggaran untuk DK HSS tahun ini Rp 500 juta lebih. Namun tahun depan belum tentu ada lagi. Usai sambutan Bupati  dilakukan diskusi dengan para seniman. Tanya jawab seputar dunia seni di Kabupaten HSS. Para penanya atau penyumbang saran diantaranya adalah dadalang Rahmadi, H Alui, Iwan Yusi, Hardiansyah Asmail, Ilham, dll.

Usai dialog ada acara hiburan penampilan kelompok teater SMAN 1 Kandangan dengan tema problematika kehidupan di desa. Terutama pemerintahan di desa. Ada tampil tokoh Pambakal, Sekdes, dan masyarakatnya. Tengah dapat dana desa yang bingung cara menggunakannya. Selesai teater para seniman bersalaman dengan Bupati HSS, Ketua DPRD HSS, para Kepala SKPD, dan yang lainnya. Setelah itu saya pulang. Sampai di rumah pukul 23.30 WITA. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...