Rabu, 16 Mei 2018

Bulan Ramadhan 1439 H di Angkinang

Kamis, 17 Mei 2018






Bulan Ramadhan 1439 H telah tiba. Rabu (16/05/2018) malam shalat Tarawih pertama telah dilaksanakan. Termasuk juga di tempat saya. Saya menunaikan shalat Tarawih di Langgar Al Kautsar yang ada di RT 1 Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Langgar tersebut berjarak sekitar 200 meter dari rumah saya dengan menyeberangi jalan raya. Langgar Al Kautsar tampak sesak oleh jamaah, baik laki-laki maupun perempuan. Dari anak-anak hingga orang dewasa. Mudahan saja jamaah yang banyak seperti ini tetap bertahan hingga akhir Ramadhan nanti.

Malam pertama shalat Tarawih diimami oleh Yus'an yang mewakili kalangan muda. Dimana pada bulan Ramadhan ini di Langgar Al Kautsar untuk imam shalat Isya dan Tarawih sudah terjadwal selama satu minggu secara bergantian.

Ada imam jemputan dari daerah lain dan juga imam warga setempat. Dengan hal itu mudahan saja kenyamanan dalam beribadah tetap terjaga. Usai shalat Tarawih sudah jadi kebiasaan dilaksanakan Tadarus Qur’an.

Kegiatan ini diikuti oleh jamaah laki-laki terutama anak-anak, remaja dan orang dewasa. Biasanya dalam semalam menyelesaikan satu juz. Biasanya setelah rutin tiap malam melakukan Tadarus Qur’an, pada akhir Ramadhan akan digelar Khataman Qur’an.

Pada siang harinya di Pasar Angkinang, digelar Pasar Wadai Ramadhan. Disini bukan sekedar tempat menjual wadai saja tapi juga aneka masakan untuk menu berbuka dan sahur. Para pedagang merupakan warga setempat dan dari daerah lain.

Untuk tenda berjualan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten HSS. Ada sekitar 27 tenda disiapkan. Dimana nanti para pedagang membayar uang sewa dan kebersihan dengan nominal yang sudah ditentukan. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...