Rabu, 05 Mei 2021

Diary Hangkinang Rasa Ruti Gulambin

 Kamis, 6 Mei 2021

[SELASA, 4 MEI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Rasyidi, dan samping kiri Chamuy. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sony Ashar, Laki Asma, Rizal, Lakum, Bandi Puspa, Sariansyah, Chamuy, Amly, H Hamdan, Bahrudin, H Imi, dan Ipung. Cuaca di luar Langgar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Senin siang, ada orang manuba / mamutas di sungai Angkinang. Menurut informasi titik pamutasan di Pulantan. Pantas saja saya lihat anak-anak Pakumpayan membawa alat menangkap ikan beserta wadahnya.

>Selasa pagi, ke Kantor Pos Angkinang bayar rekening PDAM dan PLN.

>Selasa pagi, ke Bamban Selatan, ke bengkel teman saya Bastani. Ganti oli, ganti busi, dan isi banyu aki. Diberi bibit bingkuang oleh Bastani.

>Usai shalat Tarawih, malam Rabu, ke kios Abahnya Ahyar, beli Le Minerale dingin 3 botol.

>Lalu setelah dari kios Abahnya Ahyar ke tempat Bini Ahyar, dilayani Bini Awi, beli bakso dan jus jeruk peras. Ada Ati Dibah bakirim zakat barian Irat Tanta Tanjung.

>Shalat Tarawih di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, Imam Ustadz Hatta Mujammil. Pembaca Shalawat Lakum, Kaspul Madah, dan Jani. Posisi saya saat shalat Tarawih, shaf depan kanan. Samping kanan anak Kacit, dan samping kiri Rasyidi. Sebelumnya pada shalat Isya Imam juga Ustadz Hatta Mujammil. Posisi saya saat shalat shaf kedua kanan. Samping kanan Bahrudin, dan samping kiri Amud. Usai shalat Isya Ustadz Hatta Mujammil membawakan Kultum seputar Lailatul Qadar. Kata Ustadz asal Taniran Kubah itu, berdasarkan riwayat Imam Ghazali, bila awal Ramadhan hari Selasa, maka malam Lailatul Qadar pada malam ke 25. Pakaian yang saya kenakan pada saat kedua shalat tersebut baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih habang, dan kopiah hitam III baru.  Saat shalat Tarawih di luar Langgar Al Kautsar, sempat turun hujan lebat beberapa saat.


[RABU, 14 APRIL 2021]

>Tadarus Qur’an di Langgar Al Kautsar, malam Kamis banyak yang ikut. Membaca Juz ke 2. Selain saya ada H Mastur, Ipung, Budi Nida, Yus’an, Lakum, Bandi Puspa, Agil Bahrudin, Rafi Ika, dan anak Ipit Iwa. Selesai pukul 22.30 WITA. Saat saya pulang menuju rumah hujan gerimis mambasahi tubuh.

>Shalat Tarawih di Langgar Al Kautar, malam Kamis, Imam Kaspul Madah. Shalawat dan Do’a ada Sariansyah, Yus’an, Budi Nida, dan H Mastur. Posisi saya saat shalat Tarawih shaf depan kanan. Samping kanan Bahrudin. Saat shalat Isya yang diimami Kaspul Madah, posisi saya berada pada shaf kedua kanan. Samping kiri Hendra Ipung. Pakaian yang saya kenakan sejak shalat Isya, Tarawih, dan Tadarus Qur’an, malam Kamis, di Langgar Al Kautsar baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Sebelum Tarawih Kaspul Madah sempat Kultum tentang bulan suci Ramadhan.

>Lagi, tubuh saya diserang gatal-gatal. Datang dari mana asalnya?


[RABU, 5 MEI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Rabu, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sariansyah, dan samping kiri H Imi. Pakaian yang saya kenakan baju sasirang hijau Sanah Tapha, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selaian saya ada Sariansyah, Parlin Tatam, H Imi, Rasyidi, Bandi Puspa, Chamuy, Lakum, Harmuni, Laki Rina, Kaspul Madah, dan tamu. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Amun kawa, mudahakan urusan urang lain. Jangan sampai diparsulit. Kaina kita cagar nyaman jua amun baurusan.

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Kamis, Imam Kaspul Madah. Posisi saya saat shalat Isya shaf depan kanan. Samping kanan kosong, dan samping kiri H Mastur. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Usai shalat Tarawih Kultum bersama Imam Kaspul Madah. Materi Kultum seputar Lailatul Qadar dan amalan yang bagus dilakukan.

>Shalat Tarawih di Langgar Al Kautsar, malam Kamis, Imam Kaspul Madah, Shalawat dan Do’a ada Lakum, Budi Nida, Jani dan H Mastur. Posisi saya saat shalat Tarawih shaf depan kanan. Samping kanan Kacit, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru.

>Menu berbuka puasa, Rabu jelang malam Kamis, ada lapat basambal kacang, gangan gumbili, hundang, teh manis, dsb.


[KAMIS, 6 MEI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Kamis, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Kaspul Madah, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Kaspul Madah, Rizal, Rasyidi, Budi Nida, Bandi Puspa, Lakum, H Imi, Bahrudin, Chamuy, dan Sony Ashar. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan mendung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)