Selasa, 18 Mei 2021

Diary Hangkinang : KMS.13.05.2021

 Rabu, 19 Mei 2021

[KAMIS, 13 MEI 2021]

>Shalat Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Masjid Besar Al Aman Angkinang, Kamis, Imam / Khatib Ustadz Muhyani dari Amawang, Bilal Ilmi dari Angkinang. Sebelumnya ada sambutan dari Ketua Pengelola Masjid Besar Al Aman, Muliadi. Lalu sambutan tertulis Bupati HSS H Achmad Fikry dibacakan Plt Camat Angkinang Sabilarrasad. Posisi saya saat shalat Ied, shaf ke empat sisi kiri. Pakaian yang saya kenakan baju muslim cokelat kemerahan, tapih kuning Sekumpul, dan kopiah hitam III baru. Saat masuk masjid jamaah yang tidak bermasker diberi masker oleh panitia.

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Kamis, Imam Yus’an, dan Muazi Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Mastur, dan samping kiri Ipung. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Ipung, Bahrudin, Sony Ashar, Rizal, H Mastur, Kaspul Madah, Rasyidi, Budi Nida, Bandi Puspa, H Imi, H Hamdan, dan Lakum. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar dalam keadaan mendung.

>Air sungai Angkinang, Subuh Kamis, baah. Air terus naik. Halaman rumah warga tergenang air.

>Usai shalat Subuh Kamis, ada dua aruh yang dihadiri. Pertama di tempat Abahnya Nisa, Haul Jama. Dengan pemimpin pembacan Surah Yasin dan Do’a Haul H Mastur. Menu ketupat lauk haruan. Kemudian kedua aruh Hj Isum di Langgar Al Kautsar. Pemimpin pembacaan Surah Yasin Kaspul Madah dan Do’a H Mastur. Menu nasi bungkus dengan lauk hayam masak habang. Saya dapat dua untuk dibawa pulang ke rumah. Untuk posisi duduk saat aruh di tempat Abahnya Nisa, samping kanan H Imi, dan samping kiri Yus’an. Sementara saat di Langgar Al Kautsar, samping kanan Rasyidi, dan samping kiri Lakum.

>Usai shalat Ied saya ziarah ke makam keluarga dari pihak ayah saya. Baca Fatihah Empat dan Do’a untuk dihadiahkan kepada aruah keluarga yang sudah meninggal tersebut.

>Diberi Chamuy tapih Santri warna abu-abu terang, Kamis pagi.

>Silaturahmi dengan Keluarga Besar (alm) H Saderi. Bersalaman dengan Acil Iyam, Laki Acil Iyam, Awi, Bini Awi, Anak Awi, Adan, Amud, Azhari, dll.

>Saruan ke tempat Umanya Dibah. Ada selamatan. Dipimpin Abahnya Ahyar yang membaca  Do’a Selamat. Menu haruan masak lamak. Ada acan dan agar-agar. Posisi saya saat aruh samping kanan Mumul Raji, dan samping kiri Laki Puput Bahrudin.

>Baah sungai Hangkinang, tuyukan banih yang akan di runtuk, milik beberapa petani terendam. Seperti milik Hanafi dan Jain Mayor.

>Kamis pagi, beli Le Minerale dingin 2 botol, dan Teh Gelas 4 buting di kios Abahnya Ahyar.

>Sempat duduk santi di bangku depan rumah / kios Abahnya Ahyar. Bersalaman dengan Jain Mayor, Dedi Daud, Laki Yati, Amud, Mumul Raji, dll.

>Dimana kejadiannya, samar-samar saya mendengar kabar ada musibah tambang batu gunung tewaskan beberapa orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)