Jumat, 21 Mei 2021

Diary Hangkinang Rasa Cindul Sagu Bagula Satrup

 Sabtu, 22 Mei 2021

[AHAD, 9 MARET 2008]

>Nang bahabsyi di rumah H Itab Sanah buhan Bamban, tamasuk A Ramjani (Kelas II A).

>Tulak dan bulik saruan baimbai Rasyid. Di anu H Itab ada Jali Kasmi.

>Budaya Borneo RRI Banjarmasin. Perkembangan madihin. Pamadihinan di Kalsel ada Jhon Tralala dan Hendra. Juga Anang Sya’rani di Tanah Laut.


[SABTU, 8 MARET 2008]

>Kenapa saya resah dan gelisah hari ini ?

>SNR : Abah ulun kada kanal wan pian.

>Pembukaan MTQ ke 24 Kalsel di Martapura.

>Kesedihan yang selalu merajam hari-hariku.

>Jangan maulah kasarik urang.

>Aku dan kegelisahan hati.

>Shalat Hajat berjamaah di rumah Iful Dayah. Imam Syamsi Bahrun. Dihadiri warga Angkinang Selatan.

>Malam ini Mauldirrasul di tempat Abahnya Uwat / Lakum.  Sementara di Pakumpayan bertempat di rumah Walid / H Syamsi Bahrun.

>Muhan : Anggapan masyarakat kurang baik.

>Ke Martapura menyaksikan pembukaan MTQ ke 24 Kalsel ?

>Mas Yongki, Tino Yunizar (Aziz Sampanahan, Kotabaru)

>Roda jaman menggilas kita.


[KAMIS, 20 MEI 2021]

>Ke warung Gaza Palestina Bakarung, Kamis pagi, dengan Fauzan Azima dan Wahid Tata Usaha (TU). Saya menikmati satrup es dan beberapa gorengan. Kebetulan Wahid TU ambil sepeda motor yang di servisnya di tempat bengkel Atur Bakarung. Sementara Wahid memakai sepeda motor Atur.


[JUM’AT, 21 MEI 2021]

>Malam Jum’at Amud datang ke rumah, katanya Irul Kamsyah basaruan, usai shalat Jum’at di rumah Umanya.

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Jum’at, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Amly. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sariansyah, Sony Ashar, Amly, Chamuy, Budi Nida, Bandi Puspa, Kaspul Madah, dan H Mastur. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Ke Pasar Bagambir, Jum’at pagi. Beli ayam remaja 3 ekor Rp 100 ribu. Untuk wadahnya saya membeli kadut Rp 2 ribu.

>Jum’at pagi, ke warung ketupat Mama Nazrin Bakarung, membungkus untuk dibawa pulang, dinikmati di rumah, nasi kuning lauk hati dan ketupat lauk haruan.

>Jum’at pagi ke kios Yadi Pakumpayan beli Le Minerale, Sprite, dan Teh Gelas.

>Shalat Jum’at di Masjid Besar Al Aman Angkinang, Jum’at, saya menempati shaf pambalakangan bagian dalam sisi kanan. Samping kanan Abahnya Gaza Sungai Hanyar, dan samping kiri orang Lukdalam. Materi khotbah yang dibawakan Khatib seputar shlaat fardhu yang menjadi kewajiban umat Islam. Dikerjakan dengan kondisi tubuh sehat, kalau sakit bisa berduduk, atau berbaring. Namun ada yang meninggalkannya karena alasan kesibukan atau malas.

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Sabtu, Imam H Mastur, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan dinding Langgar, dan samping kiri Amud. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru.

>Usai shalat Maghrib, malam Sabtu, di Langgar Al Kautsar, ada acara Haul Jama keluarga kami, Keluarga Besar (alm) H Saderi. Pemimpin pembacaan Surah Yasin, Tahlil, dan Do’a H Mastur. Posisi saya saat aruh samping kanan Eza Dibah, dan samping kiri Ikin. Menu nasi bungkus disajikan kepada undangan. Yakni nasi putih lauk telur masak habang, wadai pangantin, dan air mineral gelas. Undangan yang hadir selain saya, ada Amud, Azhari, H Mastur, Bandi Puspa, Rizal, Lakum, Ikin, H Imi, dan Eza Dibah. Dua perempuan di belakang ada Hj Yana, dan Umanya Yati.

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Sabtu, Imam H Mastur. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru.


[SABTU, 22 MEI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam H Mastur, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Rizal, Bandi Puspa, Rasyidi, Chamuy, dan Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)