Rabu, 19 Mei 2021

Diary Hangkinang Rasa Gangan Humbut

 Kamis, 20 Mei 2021

[SELASA, 30 JUNI 2020]

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, Imam Yus’an, dan Muazin Lakum. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Iki Bahrudin, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju muslim biru lusuh, dan tapih hijau kotak-kotak berpadu warna lain.


[AHAD, 8 MARET 2020]

>Papua The Forgetten Jibling Ring of Fire Adventures Kompas TV, malam Senin, menjelajah Tanah Papua. Pembangunan jalan untuk membuka isolasi.


[SENIN, 9 MARET 2020]

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Selasa, malam Yus’an, dan Muazin Rasyidi. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Chamuy, dan samping kiri Lakum.

>Usai shalat Maghrib, malam Selasa, ke kios Umanya Ahyar. Beli Extra Joss dan wadai guguduh, gambung, untuk, dan tempe. Ada minum Kacit dan Rasyidi.

>Sudah 19 orang positif Corona di Indonesia.

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Selasa, Imam Yus’an, dan Muazin Rasyidi / Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Abin, dan samping kiri Bandi Puspa.

>Hj Yana, usai shalat Isya malam Selasa, basaruan menjamu babacaan untuk Selasa depan setelah Iful Dayah.

>Malam Selasa, Ini Talkshow Net TV bersama Armada sebagai tamu.


[SABTU, 9 NOVEMBER 2019]

>Telaga Al Kautsar itu lebih manis dari madu, lebih putih dari susu, dan lebih dingin dari salju.

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam Yus’an. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri H Mastur.

>Disebut Banua Halat dalam benak pikiran saya hadir Tapin, Masjid Mukaramah dan kegiatan rutin tahunan setiap 12 Rabiul Awwal, Baayun Maulid.

>Sabtu pagi, Acil Aam cari Mama. Mau janji saruan Maulid ke tempat teman waktu Umrah di Lukdalam.

>Jangan hitung-hitungan soal uang untuk kebaikan. Rejeki sudah diatur Allah SWT.  Niat ibadah, silaturrahmi hadir Maulid.

>Hujan saat Maghrib, malam Ahad, lebat sekali. Hujan berkah yang membawa hikmah.

>Entah masalah apa, hingga hari ini ATM BRI Unit Angkinang tidak berfungsi untuk mengambail uang. Di depan pintu ATM ada tulisan hanya bisa mentransfer uang saja. Tak biasa terjadi seperti ini. Biasa kalau ada gangguan paling lewat tanggal 5 setiap bulan sudah bisa untuk tarik tunai. Semoag masalah ini segera kelar. Nasabah bisa menggunakan ATM lagi.


[RABU, 2 OKTOBER 2019]

>Tamu Hitam Putih Trans 7, malam Kamis, ada bocah perempuan dan Kapolres Cepi Nova dari Sumbar. Kemudian bocah laki-laki peniru 9 suara burung. Lalu Arindi Puteri memainkan keyboard viral.


[KAMIS, 3 OKTOBER 2019]

>Usai shalat Subuh Kamis, saruan ke tempat pasangan sumai isteri nang bagawi di Dinas Kesehatan HSS dan Puskesmas Angkinang. Rumahnya depan Pambakal Ahyar. Mengadakan aqiqah anaknya. Ada pembacaan Do’a Selamat oleh H Mastur. Menu ayam masak karih, sop, acar, agar-agar, dan pisang mahuli.

>Arisan / urunan lalakian Langgar Al Kautsar malam Jum’at di tempat Ipung / Abahnya Hendra.

>Pulang dari Langgar Al Kautsar setelah shalat Isya singgah ke kios Ida beli Aqua, mie instan, dan Teh Gelas.

>Imam shalat Isya, malam Jum’at, di Langgar Al Kautsar, H Tatam. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Lakum, dan samping kiri Pambakal Ahyar.

>Orangtua H Ramli, laki Mina H Tatam meninggal dunia. Saya tak tahu, yang meninggal ayah atau ibunya.


[RABU, 1 JULI 2020]

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Kamis, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Lakum, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju muslim abu-abu, dan tapih kuning berpadu hitam.

>Saat shalat Maghrib, malam Kamis, di Langgar Al Kautsar, terdengar suara berderak di belakang Langgar. Saat wirid ada kupu-kupu cokelat melayang di dalam Langgar beberapa saat. Ada berita apa setelah ini?

>Abin bertanya banyakkah baingunan ayam bangkok? Saya beritahu ada sekitar 20 ekor anak ayak bangkok yang dibeli di Pasar Pantai Hambawang.

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Kamis, Imam H Mastur, Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Harmuni, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju muslim abu-abu, dan tapih kuning berpadu hitam.

>Usai shalat Isya malam Kamis, Imam H Mastur memberikan petuah singkat, tentang keutamaan shalat, terutama shalat Jum’at. Jamaah bertahan selain saya ada Bandi Puspa, Rizal, dan Azhari.


[JUM’AT, 3 JULI 2020]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Jumat, Imam Yus’an, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Kaspul Madah, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, dan tapih putih Chamuy.

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Sabtu, Imam H Mastur, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Iki Bahrudin. Pakaian yang saya kenakan baju muslim biru lusuh, dan tapih habang. Ada gelak tawa disela-sela basalaman, Bandi Puspa memakai masker.


[KAMIS, 2 JULI 2020]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Kamis, Imam Yus’an, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim abu-abu, dan tapih warna kuning berpadu hitam.

>Saya kira banyak beli anak ayamnya. Ternyata ? Mungkin ada keperluan lain yang lebih penting untuk dibeli.

>Hari Kamis pagi di ruang Tata Usaha selain saya ada Ibu Hj Nornajati, dan Atma Fathana.


[SABTU, 30 MARET 2019]

>Bagian depan rumah Erna Ashar ambruk. Entah apa sebabnya. Itu saya saksikan saat mau ke Langgar Al Kautsar shalat Maghrib, malam Ahad. Tak ada yang bisa saya konfirmasi lebih lanjut tentang masalah itu.

>Samar-samar saya ketahui di teve, karena teve saya hanya suaranya saja, tidak ada gambarnya, malam Ahad, ada Debat Capres Tahun 2019. Apakah ini yang terakhir ? Entahlah saya kurang tahu pasti. Memang tak ada keinginan untuk tahu lebih jauh. Saya tak suka dengan politik. Jadi saya abaikan saja hal seperti itu. Mending tidur, apalagi kebetulan cuaca sedang dingin bawa babungkun saja.

>Di pagar halaman Gedung MTQ Kandangan ada baliho informasi Lomba Madihin Tahun 2019 se Kabupaten HSS yang digelar oleh KPU HSS.

>Ada rencana ingin menulis profil orang sukses di kampung saya. Ada yang sukses menggeluti usaha. Sebagai pedagang pengumpul sayuran. Telah berhasil secara materi. Ia pendatang dari luar daerah. Beristeri dan anaknya, tinggal di rumah sewaan. Sekarang belasan tahun kemudian, bisa punya rumah sendiri. Rumah besar, mobil lebih dari satu. Juga sepeda motor beberapa buah. Semua buah dari usaha dan kerja kerasnya selama ini.


[JUM’AT, 3 JULI 2020]

>Usai shalat Isya, malam Sabtu, singgah di kios Ida. Beli Aqua, mie instan, Teh Gelas, dan Betadine.

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Sabtu, Imam Bahrudin, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Abin, dan samping kiri tamu. Pakaian saya baju muslim biru lusuh, dan tapih habang.

>Saruan ke tempat Umanya Tami Salam, Jum’at, usai shalat Jum’at. Mahaul Abahnya Tami atau Lina? Saya mengambil posisi di warung Walid. Di sana juga ada Rahman Alack, Fauzan Zainury, dll. Menu nasi putih, teh manis, lauk ayam masak habang.

>Shalat Jum’at di Masjid Besar Al Aman Angkinang, Bilal kaum masjid, Khatib / Imam Kaspul Madah.

>Ke Pasar Bagambir dua kali. Pertama membeli anak ayam, ketemu teman lama, Bahrul Kemenag HSS. Yang kedua beli bol listrik dan kandang tirai plastik. Juga beli pulpen, dan pakaian.

>Jumat pagi ke kios Danty Uwat, dilayani lakinya, beli BR anak hayam 2 kg, dan sabun mandi.


[JUM’AT, 3 JULI 2020]

>Santuy Malam di Trans TV, malam Sabtu, ada parodi Upin Ipin. Sule jadi Ozy Syahputra Si Manis Jembatan Ancol. Ada bintang tamu Tyas Mirasih dan Gilang Dirgha.


[SABTU, 4 JULI 2020]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam H Mastur, dan Muazin  Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju muslim biru lusuh, dan tapih habang.


[AHAD, 5 JULI 2020]

>Malam Ahad absen shalat Maghrib berjamaah di Langgar Al Kautsar, shalat di rumah saja.

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam Yus’an, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju muslim abu-abu, dan tapih putih Chamuy. Jamaah tersisa saat bersalaman selain saya ada Sariansyah, Yadi Yanti, Bandi Puspa, H Imi, dan Rasyidi.


[JUM’AT, 14 MEI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Jum’at, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Kaspul Madah, Sony Ashar, Parlin H Tatam, Sariansyah, Bandi Puspa, Budi Nida, Chamuy, Lakum, H Ardi, H Hamdan, dan Harmuni. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan mendung.

>Malam Sabtu ke tempat Iyang beli satrup es, mie instan, kwaci, dan beberapa snack.

>Dulu cukup disenangi. Sekarang selalu berusaha untuk menghindarinya. Kacang basanga, kwaci, marning jagung, dsb.

>Sudah beberapa hari ini, ada film lawas berjudul Nada dan Dakwah di teve kabel, channel Sinema Indonesia. Dengan para pemain Rhoma Irama, KH Zainudin MZ, WD Mochtar, dan Dedi Mizwar. Konfliks pembelian tanah milik warga oleh perusahaan, di Desa Pandan Wangi.


[SABTU, 15 MEI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sony Ashar, Rizal, Rasyidi, Sariansyah, Bandi Puspa, Chamuy, Lakum, H Imi, Herman Apip, Amly, Budi Nida, dan tamu. Dua tamu naik mobil ambulans yang bertuliskan Desa Rantau Bujur, Kecamatan Tabukan, Hulu Sungai Utara. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Sabtu pagi sawat menikmati beberapa buting tapai beras. Juga ada lontong belian Mama di Pasar Hangkinang.


[AHAD, 16 MEI 2021]

>Ke kios Danty Uwat, Ahad pagi, dilayani lakinya. Tarik tunai ATM Rp 300 ribu, dan membeli masker 5 lembar.

>Ke kios Yadi Pakumpayan, Ahad pagi, beli kantongan plastik, Teh Gelas, air mineral botol, Spirite. Pas ketemu Abdul Khair (Si Boy) dan isterinya. Untuk memastikan anaknya apakah mendaftar ke MTsN 3 HSS. Si Boy memberitahu kalau anaknya, ikut kakaknya di Batulicin, dan sekolah di sana. Jadi sudah diputuskan untuk tidak mendaftar di MTsN 3 HSS.


[SELASA, 18 MEI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sariansyah, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Budi Nida, Sariansyah, Rizal, Bandi Puspa, Rasyidi, dan Chamuy. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang dalam keadaan mendung.

>Ada berita tentang padi Siam Madu di Pantai Hambawang. Berita ini saya dapatkan di RRI Banjarmasin, Selasa pagi.

>Beli anak belibis di Pasar Pantai Hambawang, Selasa pagi. Anak belibis itu seharga Rp 20 ribu / ekor. Saya membeli 10 ekor, jadi total Rp 200 ribu.

>Selain beli anak belibis ke Pasar Pantai Hambawang, Selasa pagi, saya juga bagunting rambut, beli pulpen, dan sarapan pagi di sebuah warung. Yang saya nikmati di warung itu nasi putih, iwak pada babanam, sambal acan, urap, dan teh es.

>Setelah dari Pasar Pantai Hambawang, Selasa pagi, antar tutukaran ke rumah, lalu saya ke warung Gaza Palestina Bakarung. Menikmati satrup es dan beberapa gorengan. Ada yang berbeda di warung tersebut. Yakni tambahan meja untuk pengunjung yang ingin menikmati aneka gorengan  dan minuman yang disediakan warung tersebut. Saat saya berada di sana, tampak sesak dengan pengunjung. kebanyakan orang nang singgah, basapida mutur maupun  bamutur. Kemungkinan mereka para pemudik dari Hulu Sungai, yang akan kembali ke Banjarmasin.

>Selasa, beli BR hayam 2 kilogram dan hintalu jaruk di kios Agustin Istiqomah Bakarung.


[RABU, 19 MEI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Rabu, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Kaspul Madah, dan samping kiri Sony Ashar. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih abu-abu Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Kaspul Madah, Sony Ashar, Rizal, Budi Nida, Sariansyah, Bandi Puspa, dan Chamuy. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan mendung. Sebelumnya saat berangkat menuju Langgar cuaca gerimis, saya berpayung ke sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)