Sabtu, 26 September 2015

Shalat Jumat di Masjid Al Aman Angkinang

Sabtu, 26 September 2015


Entah kenapa saya ringan hati untuk shalat Jum’at  di Masjid Besar Al Aman Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Biasa saya ke masjid lain yang ada di Kabupaten HSS. Kali ini Jum’at (25/09/2015) bertepatan dengan 11 Dzulhijjah 1436 H saya menjalankan shalat disana.

Berangkat dari rumah saya, di RT 1 Desa Angkinang Selatan  sekitar pukul 11.20 WITA. Berjarak sekitar 300 meter dari tempat saya tinggal. Saya berjalan kaki kesana. Melewati belakang SDN Angkinang dan beberapa rumah warga. Saat saya tiba suasana masjid hanya ada beberapa jamaah.

Saya mengambil shaf belakang pada sisi kanan. Pada saat pemberitahuan dari panitia masjid yang disampaikan Bapak Dahri diberitahukan saldo kas masjid hingga saat ini berjumlah Rp 19 juta. Sementara yang bertugas sebagai Bilal / Muadzin Tapjani. Khatib / Imam saya lupa namanya. Tanda tibanya shalat Jum’at di masjid ini menggunakan dauh atau bedug.

Adapun materi yang dibawakan khatib dalam khotbahnya mengenai berbuat baik kepada sesama. Menyakiti tetangga termasuk tidak beriman. Jumlah shaf di dalam Masjid Al Aman Angkinang sebanyak 12 shaf yang bisa diisi satu shaf dengan 24 jamaah. Sedangkan jumlah tiang penyangga ada empat. Masjid ini berada disisi kiri jalan arah Kandangan – Tanjung. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...