Sabtu, 26 September 2015

Kelapa dan Manfaatnya

Sabtu, 26 September 2015




Pohon kelapa dapat dijumpai dimana-mana. Seakan-akan keberadaan pohon kelapa itu melekat pada kehidupan kita. Bahkan dalam menu masakan yang kita santap sehari-hari pun rasanya susah untuk dipisahkan dari pengunaan kelapa secara langsung maupun  melalui hasil produksinya. Tanaman kelapa mempunyai sifat serbaguna.

Hampir semua bagian dari pohon kelapa bermanfaat bagi manusia. Sampai-sampai pada akarnya, yang mungkin dianggap orang merupakan bagian yang tidak berharga, sebenarnya masih dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak didapur. Pohon kelapa dapat tumbuh dimana-mana.

Pohon kelapa dapat tumbuh di pantai, di datarah rendah, di dataran tinggi, maupun di pegunungan. Pohon kelapa berakar serabut, tegak berdiri kuat sekali. Batang pohon kelapa besarnya kira-kira sepemeluk orang dewasa. Pohon kelapa tumbuh menjulang tinggi, lurus ke atas dan tidak bercabang.

Tanaman kelapa berakar serabut, oleh karena itu sesuai dengan sifat tumbuhan berakar serabut. Batang pohon kelapa tidak pernah bertambah besar. Batang pohon kelapa yang berumur lima atau enam tahun, besarnya akan tetap sama dengan yang telah berumur puluhan tahun. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...