Jumat, 04 Desember 2020

Diary Hangkinang Gado-Gado Sepanjang Senang 2019-2020

Sabtu, 5 Desember 2020

[SABTU, 31 AGUSTUS 2019]

>Malam Ahad usai shalat Maghrib saruan di tempat Umanya Iyang, dekat SMAN 1 Angkinang. Mahaul suaminya, Saberi bin Dahlan. Undangan yang hadir, jamaah Langgar Al Kautsar dan Masjid Besar Al Aman Angkinang. Pemimpin pembacaan Surah Yasin Kani, Tahlil Yus’an, dan Doa Haul H Tatam. Menu ketupat iwak haruan dan hintalu. Ada juga semangka dan teh manis. Doa selesai bertepatan dengan tanda shalat Isya di Masjid Besar  Al Aman Angkinang berbunyi.

>Usai shalat Maghrib, Imam di Langgar Al Kautsar Kaspul Madah membaca Doa Akhir Tahun.

 

 

[AHAD, 1 SEPTEMBER 2019]

>Gigi masih marinyut. Minum air sirih. Ringan beban, sedikit, walau tak ampih.

>Apa nang dimakan pagi Ahad ini. Ikan tak ada.

>Ada Lomba Menyanyi Islami dalam rangka Tahun Baru Islam Ahad (01/09/2019) pagi. MTsN 3 HSS kirim wakil ikut lomba tersebut. Ada Muhammad Silahudin (Kelas VIII A), Erina Apriliana (Kelas VII B),  dll.

 

 

[JUM’AT, 27 NOVEMBER 2020]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Jumat, Imam Yus’an, Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan tamu, samping kiri Budi Nida. Pakaian saya santak baju muslim biru lusuh, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam lawas. Jamaah selain saya ada H Ardi, Budi Nida, Amly, Chamuy, Bandi Puspa, Rasyidi, H Imi, Bahrudin, dan tamu.

>Hujan turun pagi Jumat di Angkinang Selatan dan sekitarnya. Cukup membasahi bumi.

>Usai shalat Subuh Bandi Puspa manyaruakan kepada jamaah shalat Subuh, ada undangan aruh mahaul kakeknya Amly usai shalat Jumat.

 

 

 [SABTU, 28 NOVEMBER 2020]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar Sabtu Imam Rasyidi, Muazin Bandi Puspa / Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Udin Maci, samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habang, dan kopiah hitam lawas. Jamaah selain saya ada H Mastur, H Udin Maci, Sariansyah, Chamuy, Bandi Puspa, Amly, dan Nantung.

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar malam Ahad Imam H Mastur, Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf kedua tengah. Samping kanan tamu, samping kiri Abin. Pakaian yang saya kenakan baju muslim biru lusuh, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam lawas.

>Usai shalat Maghrib malam Ahad di Langgar Al Kautsar jamaah disuruh Bandi Puspa tetap bertahan, ada acara mahaul Marawiyah. Pemimpin pembacaan Surah Yasin Husai HG, Tahlil dan Doa Haul H Mastur. Menu nasi bungkus lauk haruan / tauman masak habang, air mineral. Posisi saya saat aruh mahaul itu samping kanan Kacit, samping kiri Lakum. Usai mahaul saya tak pulang ke rumah bertahan di Langgar, menunggu shalat Isya tiba.

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar malam Ahad Imam Husai HG, Muazin Husai HG / Budi Nida. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Harmuni, samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju muslim biru lusuh, tapih kuning hitam kotak-kotak, kopiah hitam lawas.

>Sabtu siang usai dari tempat kerja di madrasah, singgah di Warung Barangin, mengambil istilah Wahyu, warung itu milik Aluh Wahid di tepi jalan Timbuk Ril Putat RT 2 Desa Angkinang Selatan. Saya beli tahu goreng, dan beberapa gorengan seperti guguduh, tahu isi, ampal jagung, dsb.

>Setahun kurang, tapi saya sudah menyiapkan puisi-puisi jelang Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVIII Tahun 2021 di Kabupaten Balangan. Adapun rencana judul puisi yang akan dibuat dan diikutkan untuk antologi puisi penyair Kalsel tersebut : Nyanyi Rindu Balangan Sayang, Dendang Pesona Langgam Kelana Banua Sanggam, Harum Kambang Barenteng Benteng Tundakan, Senyummu Semanis Gula Habang Lampihong, dan Merekam Petuah Janji di Makam Datu Kandang Haji.

>Ada rencana membuat profil kisah urang-urang di kampung saya yang sukses menekuni kehidupan dengan berbagai usaha, patut untuk dicontoh. Di antaranya Sarmiji dan Sariansyah. Sarmiji pernah membuat kurungan burung untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kini pegawai Kantor Kecamatan Angkinang. Sementara Sariansyah perajin tangguk yang suka bagarakan Subuh di Langgar Al Kautsar.

>Saya ingin menulis tentang profil urang-urang yang sudah meninggal dunia di kampung. Seperti Kaderi / Udat, abahnya Mamun, Kamsi / Laki Ibu Nurhamidah, Abahnya Arif, Gusnari HS atau Dalang Igus, dll.

 

 

 [AHAD, 29 NOVEMBER 2020]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar Ahad, Imam Kaspul Madah, Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Mastur, samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih kuning kotak-kotak hitam, dan kopiah hitam lawas. Jamaah selain saya ada Bahrudin, H Mastur, Rizal, Bandi Puspa, Rasyidi, Chamuy, H Ardi,  H Hamdan, dan Budi Nida. Ada kejadian kecil dalam shalat Subuh Imam Kaspul Madah tidak Qunut, lantas diganti dengan Sujud Syahwi di akhir shalat.

>Sepulang dari Tubau, Pantai Hambawang ke Apotek Ari, beli obat asma beserta permen Wood.

>Kasatumatan, kata dalam bahasa Banjar yang berarti sebentar sekali. Contoh penggunaan kata tersebut dalam kalimat sebagai berikut : Dugal kada puas acara nang dilihatnya kasatumatan (Dugal tidak puas acara yang ditontonnya sebentar sekali).

>Menarik disimak, sepanjang jalan di depan rumah warga dari perbatasan Hulu Sungai Tengah (HST) Hulu Sungai Selatan (HSS) sampai ke Bamban, banyak pot bunga aneka macam. Saat ini memang sedang musimnya bunga hias. Mungkin itu daya tarik bagi orang lewat untuk membelinya, apalagi kalau memang hobi dengan bunga-bungaan. Banyak keladi yang di tengah daunnya berwarna merah muda.

>Usai shalat Isya malam Senin, di depan rumah Bahrudin, Hj Isum basaruan bakawinan Susi. Nikah tanggal 17 Desember 2020, walimah perkawinan tanggal 20 Desember 2020. Nanti ada rapat sebelum acara tersebut, tolong dibantu.

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar malam Senin Imam Ustadz Sairazi, Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Bahrudin, samping kiri Harmuni. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam lawas.

>Usai shalat Maghrib malam Senin di Langgar Al Kautsar babacaan bersama Ustadz Sairazi. Materi lanjutan minggu lalu seputar Adab-Adab Berdoa. Tangan disatukan menghadap ke muka.

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar malam Senin Imam Ustadz Sairazi, Muazin Husai HG. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rasyidi, samping kiri Chamuy. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam lawas.

 

 

[JUM’AT, 4 DESEMBER 2020]

>Shalat subuh di Langgar Al Kautsar Jum’at Imam Yusan, Muazin Bahrudin / Rasyidi. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Chamuy, samping kiri Budi Nida. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam lawas. Jamaah selain saya ada H Imi, Budi RT, Rasyidi, Chamuy, dan Budi Nida. Bahrudin memberitahu kotak amal besi warna hijau, saat ia masuk ke Langgar tergeletak di depan paimaman, bagian kaki kotak amal ke atas. Kondisinya seperti terbuka, tapi masih bakunci. Apakah itu perbuatan orang tak bertanggungjawab, yang ingin mengambil uang di dalamnya ? Lewat jalan mana ? Entahlah. Semoga saja kejadian ini ada hikmahnya. Langgar tetap aman dari berbagai tindak hal yang tak diinginkan. Ibadah lebih diutamakan kenyamanannya. Hal-hal seperti ini, semoga ada jalan keluar untuk mengatasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)