Minggu, 13 Desember 2020

Catatan Kecil Mengikuti ASKS XVI Tahun 2019 di Kabupaten Tanah Bumbu

 Senin, 14 Desember 2020 

Jum’at (15/11/2019) sekitar pukul 04.00 WITA saya bangun tidur, untuk mandi, dan cuci pakaian. Setelah itu saya menuju Langgar Al Kautsar RT 1 Desa Angkinang Selatan, untuk menunaikan ibadah shalat Subuh, berjarak sekitar 100 meter dari tempat tinggal saya.

Setelah shalat Subuh saya ganti pakaian, lalu berangkat ke Kandangan bersepeda motor, membawa tas yang sudah disiapkan sebelumnya. Ke Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Rencana mau berangkat menuju Kabupaten Tanah Bumbu, mengikuti Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVI Tahun 2019 di Pagatan, 15 s.d 17 November 2019.

Saat saya tiba sudah ada beberapa rekan di sana. Seorang teman, Rasuna sempat membuatkan saya teh manis, lalu menikmatinya di Ruang Kebudayaan Disdik HSS. Makan pagi berupa nasi bungkus di tempat yang sama, nasi itu sudah disiapkan pihak Disdik HSS.

Setelah semua terkumpul, rombongan berangkat naik bus sekolah yang biasa digunakan arah Bangkau, sopirnya Siswanto atau Iwan. Kemudian satu mobil pick-up dinas bak terbuka untuk angkut perlengkapan musikalisasi puisi, sopirnya Ujang.

Yang berangkat ke Tanah Bumbu dari pihak Dinas Pendidikan HSS ada Bapak Sri Wiyono, Hari Parmanto, Sopian, Untung, dll. Sementara sastrawan selain saya ada Aliman Syahrani, Muhammad Radi, Ibu Eva Liana, Rasuna, Rendra Rahim Aji, Bagan,  Mudrik Sulaiman, dan Iwan Firmansyah.

Kemudian Kelompok Musikalisasi Puisi HSS, gabungan para pelajar HSS yang berjumlah 10 orang, dua perempuan, delapan laki-laki. Kami lewat jalan gunung. Di dalam bus saya memilih duduk di kursi paling belakang sisi kanan, samping kiri ada Mudrik Sulaiman dan Iwan Firmansyah.

Perjalanan panjang menuju Kabupaten Tanah Bumbu diwarnai dengan pandiran ringan, yang kadang melahirkan kesenangan dan kebahagiaan tiada tara saat menyimaknya. Saya hanya menjadi pendengar setia saja, sesekali mengumbar tawa ringan bila hal lucu atau unik lahir dari perbincangan ringan itu.

Jalan gunung lebih cepat beberpa jam ketimbang lewat jalan Banjarbaru atau Pelaihari. Ada beberapa kabupaten yang masuk wilayah gunung yang kami lewati seperti Kabupaten HSS, Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Bumbu. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)