Rabu, 28 September 2016

Empat Macam Mutiara Manusia

Kamis, 29 September 2016


Ada empat macam keistimewaan di dunia , sebut saja mutiara yang diberikan Allah SWT kepada manusia berupa akal, agama, rasa malu dan amal saleh.

Empat macam bagian dari mutiara manusia, yang dapat hilang dengan empat perkara lain adalah, akal dihilangkan oleh marah, agama dihilangkan oleh hasud, malu dihilangkan oleh tamak, dan amal saleh dihilangkan oleh menggunjing.

Empat macam mutiara tersebut wajib dipelihara. Tetap awas, empat macam mutiara tersebut akan hilang dengan empat perkara lain karena kelalaian kita sendiri. Akal hilang karena marah. Akal merupakan karunia yang tinggi bagi manusia.

Dengan akal manusia dapat membedakan yang baik dan yang buruk. Dapat membedakan antara yang membahayakan dan yang bermanfaat. Dengan akal sekaligus manusia dapat mencapai prestasi tinggi.

Agama hilang karena hasud. Hasud atau dengki adalah sikap yang tidak senang kepada orang lain yang mendapatkan kenikmatan, sekaligus mengharap hilangnya kenikmatan itu dari pemiliknya. Penyakit itu merupakan penyakit tertua, seumur dengan sejak adanya manusia pertama, Nabi Adam AS. Yaitu Kabil dan Habil.

Malu hilang karena tamak. Tamak adalah sikap batin yang menginginkan agar kenikmatan yang ada pada orang lain pindah kepada dirinya. Apabila sifat tamak sudah menghunjam pada diri manusia, maka manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang sudah dimiliki.

Menggunjing bisa menghapus amal saleh. Ghibah atau menggunjing adalah sesuatu yang di ceritakan itu benar-benar terjadi pada diri orang, atau tidak sama sekali keduanya termasuk ghibah. Hanya yang kedua, dosanya lebih besar karena menceritakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataannya adalah termasuk dusta.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar