Rabu, 21 September 2016

Gerakan MTsN Angkinang Berkebun

Kamis, 22 September 2016




Memanfaatkan lahan kosong dan musim kemarau, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang melakukan gerakan berkebun di areal samping madrasah yang beralamat di Jalan A Yani Km 7,5 Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) itu.

Kepala MTsN Angkinang, Gazali, S.Ag, M.Pd.I menyampaikan tanaman yang dibudidayakan berupa jagung, dengan alasan selain mempunyai nilai jual yang lumayan, tanaman tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk keberlangsungan hidup. “Jagung bisa pula dimanfaatkan atau diolah menjadi berbagai macam makanan,” ujar Gazali, saat ditemui Kamis (22/09/2016) pagi.

Menurut Gazali, adanya kebun jagung di samping madrasahnya itu, siswa bisa belajar banyak cara berkebun dari awal penanaman hingga panen, dimana ada rasa kekompakan untuk memelihara dan menjaganya, hingga hasilnya bisa dinikmati secara bersama-sama oleh komponen MTsN Angkinang.

“Supaya tumbuh subur dan sehat secara berkala jagung disiram dan dipupuk dengan berkesinambungan, tugas itu dibebankan kepada para siswa secara bergiliran setiap harinya sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” ujar Gazali.

Salah seorang siswi Kelas VII C MTsN Angkinang, Nor Azmi Sofie mengaku adanya kebun jagung di madrasahnya menjadi nilai tambah yang dimiliki, dimana selain mengikuti pembelajaran juga bisa mengetahui secara jauh cara berkebun. “Kami para siswa dengan senang hati menjalankan tugas untuk mengelola kebun madrasah agar bisa menuai hasil,” ujar Nor Azmi Sofie. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar