Kamis, 02 Juli 2015

Shalat Jumat di Masjid Al Mutazakkirin Jembatan Merah Kecamatan Padang Batung

Jum'at, 3 Juli 2015


Sebelumnya saya punya rencana melakukan Safari Jum’at (SJ) di Kecamatan Telaga Langsat, Jumat (03/07/2015). Tapi rencana itu berubah beberapa jam sebelum saya melakukan kegiatan. Kali ini saya melakukan SJ berupa shalat Jum’at di Masjid Al Mutazakkirin, Jembatan Merah, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Berjarak sekitar 10 kilometer dari tempat saya tinggal di Angkinang. Saya  berangkat sekitar pukul 11.25 WITA. Seperti biasa ditemani sepeda motor butut kesayangan, Supra Fit. Menempuh waktu sekitar 25 menit untuk sampai ke tempat yang saya tuju. Saya tiba di masjid tersebut sekitar pukul 11.50 WITA.

Saya memakai baju koko warna kuning dengan berpadu motif keemasan dibagian depan. Juga memakai celana warna abu-abu. Pakai peci hitam. Pakaian tersebut sudah saya siapkan sejak berangkat ke MTsN Angkinang, tempat saya bekerja.

Saat saya tiba jamaah mulai berdatangan, untuk kemudian menempati shaf yang ada. Saya berwudhu dulu, lalu menuju shaf belakang. Ini sudah terbiasa saya lakukan. Agar nanti bisa memantau keadaan di depan. Ruang dalam Masjid Al Mutazakkirin ada 8 (delapan) shaf. Setiap shaf bisa diisi 16 (enam belas) jamaah.

Bertindak selaku Khatib adalah Ustadz Hidayatullah dan Imam Kamrani. Nama bilal atau muadzin kurang jelas terdengar saat panitia masjid mengumumkan jadi saya tidak tahu. Khatib dalam khotbahnya menyampaikan tentang mengemban amanah Allah. Khatib menghimbau kepada jamaah untuk terus menoreh prestasi baik di dunia maupun akhirat.

Penanda waktu shalat tiba di masjid ini menggunakan dauh atau bedug. Yang menarik perhatian saya pada masjid ini adalah di dinding depan terdapat tulisan Arab nama-nama Nabi dan empat sahabat Nabi Muhammad SAW. Masjid ini ukurannya agak kecil dari masjid yang biasa saya datangi. Di bagian belakang, masih di ruang dalam masjid ada tangga yang digunakan untuk naik ke lantai atas. Entah digunakan untuk apa bagian atas tersebut saya kurang tahu.

Hampir sejam lebih berada di Majid Al Mutazakkirin, tepatnya pada pukul 13.00 WITA saya pulang. Insya Allah Jum’at depan saya kembali bisa shalat Jum’at di beberapa masjid yang ada di Kabupaten HSS.  (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...