Kamis, 02 Juli 2015

Ikan Mabuk di Sungai Angkinang

Kamis, 2 Juli 2015







Ada yang menarik pada Rabu (01/07/2015) sore di kawasan sungai Angkinang, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Warga banyak berkumpul dengan membawa peralatan mencari ikan. Karena saat itu sedang dilakukan manuba.

Yakni meracun ikan dengan tuba. Kondisi air sungai cukup surut. Jadi warga dengan leluasa bisa memungut ikan yang mabuk bergelimpangan. Yang nantinya bisa dibawa pulang sebagai lauk makan. Apalagi saat ini sedang  bulan puasa jadi bisa sebagai lauk berbuka dan sahur. Adapun jenis ikan yang bisa didapatkan dari hasil manuba ini seperti baung, sanggiringan, lais, puyau, dsb.

Kegiatan ini sudah berdasar kesepakatan warga bersama-sama. Sebelumnya warga patungan untuk membeli racun ikan tersebut. Ini biasanya dilakukan setahun sekali. Tuba tersebut diberikan pada bagian alur sungai yang agak dalam. Beberapa menit setelah dituba, warga bergerak ke arah hilir sungai.

Saat itu terlihat ikan mulai bergelimpangan, bukan mati tapi dalam keadaan mabuk terkena tuba tersebut. Jadi ikannya aman untuk dikonsumsi. Saking banyaknya warga yang turun ke sungai tampak saat itu seperti pasar. Ini momen cukup langka. Karena hanya dilakukan pada musim ketika air sungai sedang surut saja. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...