Senin, 21 April 2014

Terkesan Dengan Pembukaan MTQ Kalsel ke XXVII

Senin, 21 April 2014


Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XXVII Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan  Tahun 2014 di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut resmi dibuka Gubernur Kalsel , H Rudy Ariffin pada Minggu (20/4) malam.
            Ribuan warga Tanah Laut tumpah ruah memadati Lapangan Pertasi Kencana Pelaihari, tempat kegiatan berlangsung. Pada kesempatan itu ditampilkan tarian kolosal oleh putera-puteri Tanah Laut. Ada juga  penampilan penyanyi religius Opick.
Ada sambutan Bupati Tala, Bambang Alamsyah, selaku Ketua Umum Panitia MTQ ke XXVII. Sambutan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel. Sambutan Gubernur Kalsel sekaligus membuka MTQ.
MTQ kali ini bertema : Aktualisasi  Nilai Universal Al Qur’an Untuk Pencerahan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang Rukun dan Damai. Sementara sub temanya adalah Dengan MTQ Nasional XXVII Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tanah Laut Tahun 2014 Kita Tingkatkan Pengamalan Al Qur’an Sebagai Dasar Membangun Daerah yang Religius dan terunggul.
 MTQ ke XXVII kali ini diikuti utusan Kabupaten / Kota se Kalsel dengan jumlah peserta sekitar 1.085 orang. Lomba yang dilaksanakan terbagi 7 (tujuh) cabang yakni Tilawatil Qur’an, Tahfizul Qur’an, Tafsir Qur’an, Khatil Qur’an, Musabaqah Makalah Al Qur’an, Fahmil Qur’an, dan Syahril Qur’an.
            Pelaksanaan pembukaan MTQ kali ini benar-benar meriah. Hal ini dirasakan oleh Aisyatur Ridha, anggota kafilah HSS. Menurut Ridha banyak pengunjung yang memadati Lapangan Pertasi Kencana, Pelaihari. Juga lampu warna-warni yang menghiasi disana-sini. Khususnya di panggung utama yang megah. Hal ini membuat semarak acara. “Mudahan kemeriahan ini memotivasi para peserta termasuk saya untuk bisa menampilkan yang terbaik dalam MTQ ini,” ujar Ridha.
            Selain itu, dikatakan Ridha MTQ digelar sebagai  upaya mendorong terwujudnya generasi Islam yang beriman, cerdas dan berakhlak. “ Mudahan kita bisa mendalami dan  menghayati serta memahami isi kandungan Al Qur’an,” ujar Ridha.
            Sebelumnya pada Minggu (20/4) sore digelar pawai ta’aruf yang diikuti utusan Kabupaten / Kota se Kalsel. Mereka menyusuri  Jalan Pancasila (GOR Berseri) menuju Jalan Kemakmuran, Jalan H Boejasin, Jalan A Syairani dan berakhir di Lapangan Pertasi Kencana.
            Kemeriahan  semakin lengkap dengan adanya pameran dan bazaar  di sekitar arena MTQ. “Semoga Tanah Laut bisa menjadi tuan rumah yang baik pada MTQ kali ini. Pelaksanaannya berlangsung sukses dan lancar ,” ujar Rini, warga Pelaihari. (akhmad  husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...