Senin, 07 April 2014

Siswa MTsN Angkinang Telusuri Goa Mandala

Selasa, 8 April 2014


Sebagai bentuk rasa cinta dengan alam dan lingkungan, sebanyak 13 orang siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN)  Angkinang , Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan penelusuran Goa Mandala di Kecamatan Telaga Langsat pada Sabtu (5/4)  sore.
            Siswa yang ikut adalah siswa laki-laki dari Kelas IX. Mereka adalah Akhmid Silahudin Imani, M. Khulaifi Alfian, M Abdi Fadillah, Husaini Aswandi, M Aiza Maulana, Rafi’i Hamdi, Muchlis Ariyandi, M Faisal Rahmatullah, Muhammad Alfianoor, M Aspi Raihan, M Fikri Rizaldi, M Rizal Arafatannor, dan M Hendra Riadi.
Mereka berangkat dari sekolah usai bubaran sekitar pukul 14.00 WITA. Lalu mereka menuju lokasi yang berjarak sekitar 6 kilometer dari sekolah. Mereka naik kendaraan bermotor lalu memarkirnya dekat SMA Baladul Amin. Lalu mereka berjalan kaki menuju goa tersebut yang berjarak sekitar 1,5 kilometer. Dengan medan  menanjak dan menurun  serta sangat  terjal. Goa Mandala merupakan goa paling terkenal di HSS. Dengan panjang sekitar 600 meter. Jadi objek wisata andalan bagi Kabupaten HSS. Namun sekarang terbengkalai. Sekarang banyak tumbuh semak belukar. Juga kondisi jalan yang becek bila hujan turun. Walau kondisi begitu para siswa terlihat semangat dalam mengikuti kegiatan.
Menurut, Muhammad Alfianoor, siswa Kelas IX A, apa yang dilakukan ini merupakan upaya menciptakan rasa kepekaan terhadap alam dan lingkungan. “ Juga refreshing menyegarkan otak. Apalagi beberapa minggu lagi akan menghadapi UN. Untuk itu perlu hal yang membuat pikiran segar kembali,” ujar Alfianoor.
Sementara itu Akhmad Husaini, staf TU MTsN Angkinang, yang ikut mendampingi perjalanan mereka, mengatakan apa yang dilakukan para siswa tersebut patut diapresiasi. “Sudah lama mereka mengajukan rencana namun baru kali ini bisa terlaksana,” ujar Akhmad Husaini yang mengaku  hobi berpetualang ini.
Kedepan, Husaini berharap di MTsN Angkinang dibentuk wadah siswa yang peduli terhadap alam dan lingkungan. Bukan sekadar jalan-jalan tapi bisa mengambil manfaat dari kegiatan yang dilakukan. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...