Senin, 29 Mei 2023

Pergi Senang untuk Perjalanan Jauh

 SELASA, 30 MEI 2023 

Ini cerita tentang Dugal. Usai shalat Dzuhur di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Dugal bertemu dengan teman lamanya, seorang perempuan, bernama Anusar, yang tengah menempuh pendidikan S2-nya. Saat itu mau menuju ke parkiran mengambil sepeda motornya.

Sementara Anusar dengan rekannya pulang ke kos. Setelah sepanjang pagi dan siang ikut pembelajaran. Anusar sempat berfoto selfie minta nomor ponsel yang siap dihubungi dan alamat blog. Lantas Dugal serahkan kartu nama sederhana yang berisi nama, alamat rumah, nomor ponsel, dan blog pribadinya. Setelah itu mereka berpisah.

Dengan sepeda motornya Dugal menuju arah Marabahan. Anusar dengan mobilnya menuju rumah sementara selama di Banjarmasin. Anusar tak lupa mendo’akan Dugal, dan juga membalas do’a untuk Anusar agar bisa sukses dan lancar pendidikan S2-nya. Mereka sama-sama asal Hulu Sungai Selatan. Pernah tergabung dalam kegiatan sastra.

Diantaranya Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) di Tanah Laut, Kotabaru, dan Tanah Bumbu. Tahun 2020 merupakan tahun terakhir Dugal ikut ASKS. Kegiatan sastranya saja yang tidak diikutinya lagi. Menulis tetap eksis walau hanya lewat buku harian saja. Entah apa alasan Dugal melakukan itu. Ia lebih senang bersunyi diri sekarang.

Dugal senang berpetualang ke suatu tempat dalam beberapa hari, untuk kemudian saat pulang pengalaman itu akan dituliskannya. Setelah itu kembali berpetualang. Petualang yang bermanfaat tentunya. Bila datang kesuatu daerah yang dituju, ia ziarah ke makam Aulia Allah / Ulama setempat, masjid, pesantren, dsb.

Mengikuti pengajian di majelis ta’lim. Dugal merasa tenang dan bahagia dengan pekerjaannya seperti itu. Paduan antara hobi membaca, menulis, dan jalan-jalan. Di dalam tas berisi pakaian secukupnya, buku diary, pulpen, tasbih, peci, Risalah Amaliyah, dan buku tentang Guru Sekumpul.

Dugal menginap di tempat ibadah atau tempat umum yang nyaman dan aman untuk disinggahi. Tentu sebelumnya ia minta izin dulu untuk bermalam kepada pemilik rumah atau kaum masjid. Dengan minta izin akan menghadirkan rasa aman dan nyaman saat beristirahat.***

 

Dari Diary Akhmad Husaini, Sabtu (11/02/2023)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)