Minggu, 20 Juni 2021

Diary Hangkinang Rasa Paisan Papuyu wan Gangan Humbut

 Senin, 21 Juni 2021

 [SENIN, 21 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Bahrudin, H Imi, Rasyidi, Rizal, Sony Ashar, Bandi Puspa, Chamuy, Budi Nida, dan Sariansyah. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan mendung.


[AHAD, 20 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Chamuy, dan samping kiri tamu. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Chamuy, Sariansyah, Rasyidi, Bandi Puspa, Rizal, H Hamdan, Sony Ashar, Bahrudin, H Imi, dan beberapa orang tamu. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan mendung.

>Tamu yang shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, ada sekitar empat orang. Ada yang memakai kaos, diantaranya ada bertuliskan Rusmin FC dan Polda FC. Mobil mereka yang berwarna putih, parkir di depan rumah H Imi, berplat KH.

>Ahad pagi, Madan datang ke rumah dan bertanya kepada saya, apakah saya memiliki ayam warna kuning bapuratik. Saya katakan tidak ada.


[SABTU, 19 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Budi Nida. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selaian saya ada Bahrudin, Sony Ashar, Budi Nida, Yus’an, Rasyidi, Chamuy, Bandi Puspa, H Imi, Nantung, dan Amly. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Sabtu pagi jelang siang, ada musibah kebakaran di daerah Gumbil, tepatnya di Sungai Durian. Banyak mobil Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) yang menyerbu lokasi kebakaran, untuk membantu memadamkan api. Hingga sore Sabtu, tak ada informasi terkini mengenai musibah tersebut. Tak ada yang bisa saya konfirmasi. Berapa buah rumah yang terbakar? Berapa mobil BPK yang turut membantu memadamkan api? Berapa kerugian yang diakibatkan dari kebakaran itu?

>Sabtu sore saat hujan turun, Wahyu datang ke rumah, bawa radio. Perkenalkan frekuensi baru studio radio FM-nya. Yakni dari semula 96.40 Mhz menjadi 101.30 MHz.


[JUM’AT, 18 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Jum’at, Imam Kaspul Madah, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Bandi Puspa, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Sony Ashar, Bandi Puspa, Rasyidi, Chamuy, Sariansyah, Budi Nida, dan seorang lagi. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan mendung.

>Jum’at pagi, ke Pasar Bagambir beli anak ayam ras 10 ekor, seharga Rp 100 ribu.

>Jum’at pagi, ke BPR Kandangan Cabang Angkinang, ambil uang Rp 1 juta. Dilayani Hj Inung / Mamanya Diki.

>Jum’at pagi, ke kios Agustin Istiqomah Bakarung, beli BR hayam 2 kg, bensin, air mineral botol, teh kotak, hintalu jaruk, dan snack.


[KAMIS, 17 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Kamis, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Amly, dan samping kiri kosong. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Amly, Chamuy, Bandi Puspa, Rizal, Sariansyah, Sony Ashar, dan Budi Nida. Usai basalaman Bandi Puspa manyaru barataan, untuk hadir usai shalat Maghrib malam Jum’at ada mahaul di Langgar. Cuaca di luar Langgar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Lagi semangatnya mempelajari untuk memasukkan kertas bulat ke dalam jintingan purun dengan jarak beberapa meter. Juga memasukkan pulpen ke dalam botol limus. Hal ini mengajarkan kepada saya kesabaran, konsentrasi, fokus, kerja keras dan banyak latihan. Terinspirasi tayangan di teve beberapa hari lalu, orang-orang hebat dalam membidik sasaran, dengan berbagai teknik dan media.


[JUM’AT, 24 JULI 2020]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Jum’at, Imam Yus’an, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam.

>Usia shalat Subuh, Sony Ashar mengundang jamaah shalat Subuh, hari Jum’at, ke warung Iwa. Ada selamatan apakah? Pembaca Do’a Selamat Rasyidi. Saya nikmati ketupat dengan lauk haruan dan teh manis. Yang lain ikut hadir pada selamatan tersebut Yadi Yanti, Lakum, Yus’an, Bandi Puspa, Harmuni, Rasyidi, Sariansyah, Madan, Sapuan, dll.

>Ke Pasar Bagambir, Jumat pagi. Beli pulpen 1 pak, buku Islami, Risalah Amaliyah, dan Tuntunan Shalat, dan pentol.

>Info update Covid-19 di Kabupaten HSS berdasarkan baliho Polsek Angkinang di depan Kantor  TP PKK / Posyandu Desa Angkinang Selatan. Positif 202 orang, dan meninggal 12 orang.

>Pulang dari Pasar Bagambir, Jumat pagi, arah Longawang. Di Simpang Tiga ada terlihat  bubuhan aparat desa, Dishub, dll. Menghentikan pengguna jalan yang tak memakai masker.

>Kata Yadi Yanti ada anggota polisi meninggal dunia karena Covid-19. Berikutnya sang isteri masuk Rumah Sakit karena Corona.


[AHAD, 29 DESEMBER 2019]

>Usai shalat Subuh, Ahad, hujan gerimis mengguyur Angkinang Selatan dan sekitarnya.

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam Sufi Hj Asa. Posisi saya waktu shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Iful Dayah.

>Menyembelih ayam barian Aloha, Ahad pagi.

>Shin Tae-Yong, pelatih Timnas PSSI asal Korsel.

>33 Sastrawan buat Dundang Parisj van Borneo.

>Babacaan atau Kuliah Maghrib di Langgar Al Kautsar malam Senin, bersama Ustadz Sairazi, tentang kebajikan hidup dengan ikhtiar, usaha dan do’a. Ada amalan penyembuh penyakit. Dengan media pinggan dan panci. Seperti amalan untuk mengusir hama pada tanaman. Posisi saya saat Babacaan malam Senin, di bagian tengah Langgar Al Kautsar. Samping kanan Bandi Puspa, dan samping kiri Rasyidi.

>Shalat Isya, malam Senin, di Langgar Al Kautsar, Imam Ustadz Sairazi. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Maseri, dan samping kiri Abahnya Ufik Dayat.

>Atap Bandar Syamsudin Noor Banjarbaru, ambruk.

>Ini Weekend di Net TV, malan Senin, tamu Dewi Ardilla dan Ana Riana.


[KAMIS, 11 JUNI 2020]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Kamis, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, dan samping kiri Azhari. Pakaian yang saya kenakan baju muslim abu-abu, dan tapih hijau.

>Usai shalat Subuh, Kamis, lewat pengeras suara Bandi Puspa, di Langgar Al Kautsar memberitahukan kepada warga, rencana dibukanya shalat Jumat di Masjid Besar Al Aman Angkinang pada Jumat (12/06/2020) ditunda, karena penyebaran Covid-19 makin bertambah.

>Heboh baru, Dokter Nani Puji H (NPH) terpapar Covid-19. Kecamatan Angkinang zona merah?

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Jum’at, Imam H Mastur. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Harmuni, dan samping kiri Abdah Lakum. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, dan tapih kotak-kotak hijau.

>Usai shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Jum’at, jamaah tetap berada di dalam Langgar, ada acara mahaul anggota keluarga Bahrudin, Hj Masrah. Pemimpin pembacaan Surah Yasin dan Tahlil Kaspul Madah, dan Do’a Haul H Mastur. Nasi kotak berisi menu ayam bastik putih, nasi putih, dan aii mineral gelas.


[SENIN, 17 MEI 2021]

>Sudah beberapa kali saya mendengar cerita dari Nisa Awi, bahwa Azmi Ipah jadi sopir TGH Sairazi.

>Sudah beberapa malam ini Dugal mengeluhkan banyak nyamuk di rumahnya. Menyerang tubuh. Biasa setelah shalat Isya nyamuk ramai menyerang. Terpaksa nyamuk itu ia tapak lalu dipicik. Dugal akan lebih senang lagi bila nyamuk yang kekenyangan darahnya. Dugal akan merasa puas mamicik. Buru-buru Dugal mengejar nyamuk kenyang darah, lepas dari tangkapan. Sampai kemudian nyamuk lamak dengan darah itu tak berdaya lagi. Dugal mamicik nyamuk itu dengan darah yang cukup banyak, keluar dari paparutan nyamuk.


[KAMIS, 20 MEI 2021]

>Tampulu masih ingat, berikut saya sebutkan nama-nama Imam shalat Isya dan Tarawih di Langgar Al Kautsar pada bulan suci Ramadhan 1442 H, beberapa waktu lalu. Malam Senin Ustadz Sairazi dari Kandangan, malam Selasa H Mastur, malam Rabu Ustadz Hatta Mujammil dari Muara Tawia, malam Kamis Kaspul Madah, malam Jum’at M Fauzi Rahman dari Bakarung, malam Sabtu Yus’an, dan malam Ahad Saiful Kamrani dari Pakumpayan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)