Rabu, 02 Juni 2021

Diary Hangkinang Rasa Haruan Jarang Asam

 Kamis, 3 Juni 2021

[SENIN, 17 MEI 2021]

>Dua kali saya tak shalat Subuh berjamaah di Langgar Al Kautsar. Pertama pada Ahad karena berada di Mubarak Panggung antar Umanya Madan nang garing. Kedua Subuh Senin karena mamalami Umanya Madan di Mubarak Panggung. Insya Allah karena sudah pulang Umanya Madan ke rumah, Selasa Subuh saya akan kembali shalat Subuh berjamaah di Langgar Al Kautsar, seperti sediakala dan rutin setiap hari. Mungkin jamaah yang lain akan bertanya, kemana saya tak kelihatan.

>Lepas spanduk PPDB MTsN 3 HSS Tahun Pelajaran 2021/2022 yang melintang di gerbang jembatan, Senin pagi.

>Ingin bagunting, rambut terasa panjang sudah. Kemana ? Kapan ?

>Amun ada duit rencana beli celana panjang hitam, baju hem, baju muslim, dan sandal.

>Apakah saya benar-benar ingin mewujudkan kenyataan, untuk mengakhiri ikut menghadiri ASKS mulai tahun ini? Tapi soal menulis tetap menjadi kebiasaan yang tak akan ditinggalkan.

>Ahad sore jelang malam Senin menemui Wahyu di depan Pasar Angkinang. Ajak ke Mubarak Panggung menemani Madan tunggui Umanya yang garing. Wahyu menolak dia bilang aur, Wahyu bilang ada rapat pangantinan di Pakumpayan.


[AHAD, 30 MEI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Chamuy, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan lengan panjang hijau Sanah Tapha, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selaian saya ada H Hamdan, Rizal, Chamuy, Budi Nida, Bandi Puspa, Rasyidi, H Imi, Sariansyah, Bahrudin, Sony Ashar, dan minantu Acil Iyam. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Keren, satu siswi MTsN 3 HSS Tahun Pelajaran 2020/2021 dari Kelas VIII, yaki Selvia Ramadhani, masuk skuad kontingen Kabupaten HSS pada POPDA Tahun 2021 untuk cabang gulat. Selain Selvia ada beberapa siswa yang juga masuk skuad gulat. Menurut Selvia Ramadhani awal keikutsertaan pada cabang gulat tersebut karena diajak teman di madrasah, karena ada ajang pencarian bibit atlet gulat HSS. Setelah mendapat izin orangtua lantas Selvia mengikuti latihan seminggu tiga kali di eks bangunan SMPN 5 Kandangan. Karena kegigihan dan disiplin dalam berlatih, ia termasuk yang akan memperkuat Kabupaten HSS pada POPDA Kalsel tahun ini.

>Inventaresir ternak unggas yang saya pelihara hingga saat ini masih tetap bertahan, ada 11 ekor, yang terdiri dari 7 ekor itik japun remaja, dan 4 ekor ayam bangkok betina remaja.


[SENIN, 31 MEI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Bandi Puspa, dan samping kiri H Imi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi Nida, H Imi, Bandi Puspa, Chamuy, Rasyidi, Rizal, Sariansyah, dan Sony Ashar. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Senin pagi sawat, ke ATM BRI Unit Angkinang ambil duit Rp 500 ribu untuk keperluan bulanan dan sehari-hari, diantaranya nanti untuk bayar rekening bulanan PLN dan PDAM.

>Menemani Bapak Mustapha Hadi, Senin siang, ke tempat Ifin Isyam, belakang SDN Angkinang 1. Bapak Tapha ingin minta dibuatkan kurungan ayam kepada Ifin.

>Senin pagi jelang siang, ikut mobil Bapak Jazuli dengan Bapak Mustapha Hadi, dan Akhmad Fikli ke Kandangan ambil pesanan nasi kotak untuk aruh Bapak Jazuli, karena naik pangkat, di RM Kalijo Kandangan. Sebelumnya singgah di Qurrata ‘Ayun Parincahan ada yang diurus Bapak Jazuli. Di dalam  mobil mewah Bapak Jazuli, yang pertama kali saya naiki itu, posisi duduk Bapak Jazuli sebagai sopir, dengan Bapak Fikli di samping. Sementara saya dan Bapak Mustapha di barisan kedua. Saya sisi kanan, sementara Bapak Tapha sisi kiri. Saat di RM Kalijo ada sekitar puluhan menit kami menunggu pesanan selesai dikemas, lalu kami bawa ke dalam mobil. Bapak Tapha memberitahu, ada anak murid alumni MTsN 3 HSS, yang jadi karyawan di RM Kalijo Kandangan. Setahun sudah inya bagawi di sana, namanya kalau tak salah Riswan Effendi.

>Beredar desas-desus orang-orang yang bakal menempati jabatan sebagai kepala madrasah di Kabupaten HSS. Salah satunya bakal menempati Kepala MTsN 3 HSS yang beberapa bulan ini dijabat Plt, setelah Kamad lama meninggal dunia.

 

[SELASA, 1 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, dan samping kiri Sony Ashar. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Bahrudin, Chamuy, Rizal, Rasyidi, Sony Ashar, Bandi Puspa, Sariansyah, H Hamdan, Yus’an, Budi Nida, dan H Imi. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar, saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Selasa pagi, beli anak ayam Bangkok 5 ekor Rp 140 ribu di Pasar Pantai Hambawang.

>Selasa sawat ke warung Mama Icha menikmati lontong iwak pindang basanga, teh hangat, dan wadai untuk.

>Selasa pagi ke kios Agustin Istiqomah Bakarung, beli BR hayam 2 kg, sandal gabin, hintalu jaruk, dan bensin 1 liter.

>Dari ceramah agama (rekaman) KH Muhammad Bakhiet di Radio Amandit FM Kandangan, dakam beberapa hari ini, mengenai orang-orang yang akan dikumpulkan di akhirat, karena tidak shalat di dunia, yakni dengan Qarun (sibuk dengan harta), Fir’aun (sibuk sebagai raja / jabatan), Khaman (sibuk sebagai menteri / pegawai), Ubai bin Khalaf (sibuk dengan perdagangan).


[RABU, 2 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Rabu, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Amly, Sariansyah, H Imi, Rizal, Bandi Puspa, Chamuy, Budi Nida, dan Rasyidi. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.


[KAMIS, 3 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kuatsar, Kamis, Imam Rasydi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan kosong, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sariansyah, Rizal, Bandi Puspa, Budi Nida, Sony Ashar, dan Chamuy. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)