Selasa, 08 Juni 2021

Diary Hangkinang Rasa Nangka Kulanda

 Rabu, 9 Juni 2021

 [AHAD, 6 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam Kaspul Madah, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Bahrudin, dan samping kiri H Hamdan. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi Nida, H Hamdan, Bahrudin, Bandi Puspa, Chamuy, Rasyidi, H Mastur, dan Sony Ashar. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah. Usai basalaman, Bandi Puspa manyaruakan imbah shalat Dzuhur, Ahad siang, di tempat (alm) H Tarmizi, ada mahaul.

>Usai shalat Subuh Ahad, Bahrudin menyapa saya apa kabar, dan kaya apa pantun?

>Ahad pagi Hj Asa datang ke rumah mambarii lapat ganal dengan kuah dan lauk haruan. Barii mama ujar Hj Asa.

>Shalat Dzuhur di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam Kaspul Madah, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shaf depan kiri. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri dinding Langgar. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru.

>Usai shalat Dzuhur, Ahad siang, saruan ke tempat Umanya Ami Miji. Ada aruh mahaul (alm) H Tarmizi bin Dahlan. Pembacaan Surah Yasin dipimpin H Mastur, Tahlil Kaspul Madah, dan Do’a Haul Imun. Posisi saya saat aruh tersebut samping kanan H Imi, dan samping kiri Abahnya Riji. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Menu yang disediakan tuan rumah kepada undangan berupa nasi putih, lauk hayam masak habang, teh hangat, agar-agar, dan roti.

>Usai dari saruan di tempat Umanya Ami Miji, saya ke kios Abahnya Ahyar. Beli Le Minerale, Teh Gelas, dan snack.


[SABTU, 17 AGUSTUS 2019]

>Truk Dinas Tata Kota (Distako) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) angkut sampah di Pasar Angkinang, Sabtu pagi.

>Ada keramaian apa di Pasar Angkinang, dari rumah saya, terdengar suara alunan musik dari soundsystem.

>Umanya Madan sawat baisukan, antar bungkusan, tolong bacakan Do’a Selamat. Ada lamang bacacap kacang dan wadai untuk. Saya tak bertanya lebih jauh selamatan apa?

>Ingin sekali hari ini jalan-jalan ke Barabai. Cari bahan tulisan dan foto seputar perayaan HUT ke 74 RI. Andai ada yang membawa dan menemani, tentu saya akan senang sekali. Lihat suasana HUT RI di Kabupaten HST secara langsung.

>Tarian Sumateranan Mastayo Swarna Dwipa tampil di Istana Negara Jakarta pada upacara HUT ke 74 RI.

>Ada juga Tari Soreng dari Magelang, Jawa Tengah. Melibatkan banyak orang dewasa, remaja, dan anak-anak. Tari Prajuritan Aryo Penangsang, Lereng Gunung Merbabu dan Andeng. Persiapan sudah rampung. Ideal ditarikan oleh 12 orang. Tari Babad adalah cerita rakyat. Sura : berani, eng : menuju kepada sesuatu.


[KAMIS, 3 JUNI 2021]

>Saya tak berbakat jadi penjaga jalan, mengatur arus lalu lintas, untuk keluar masuk siswa menuju madrasah. Saya mudah emosi melihat kelakuan pengguna jalan yang membandel. Sudah diberi aba-aba untuk berhenti sementara, malah mangalunyur, bahkan mau menabrak segala, payah.

>Yang paling tidak saya senangin, usai basalaman shalat fardhu di Langgar Al Kautsar, mikrofon masin hidup, sementara para jamaah bapandiran macam-macam, yang terdengar kemana-mana. Seharusnya mikrofon langsung dimatikan, atau jamaah tidak usah dulu bapandir macam-macam, cukup di luar Langgar saja, karena bisa sebebas mungkin bapandir tentang apa saja.


[JUM’AT, 4 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Jum’at, Imam Budi Nida, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan tengah. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Bandi Puspa.  Pakaian yang saya kenakan baju muslim hjiau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya H Imi, Sariansyah, Sony Ashar, Bandi Puspa, dan Chamuy. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar, saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Malam Sabtu, usai Maghrib saya ke tempat Iyang beli satrup es, mie instan, roti, dan beberapa snack lainnya.

>Shalat Jum’at di Masjid Besar Al Aman Angkinang, Jum’at, giliran petugas dari Sungai Hanyar. Tapi untuk Bilal Amang Putun Pakumpayan. Khatib mengulas materi seputar makanan haram.

>Ke Pasar Bagambir, Jum’at pagi, lihat orang berjualan unggas. Beli anggur dan lengkeng Rp 20 ribu. Ada lihat di jalan raya bekas darah yang mengering. Mungkin ada kecelakaan tadi malam. Lokasi tepatnya depan SDN Bagambir atau tak jauh dari rumah Mail Yandi.

>Ke Kantor Pos Angkinang bayar rekening PLN dan PDAM, Jum’at pagi.

>Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ikon PON XX Tahun 2021 Papua.


[SABTU, 5 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam Kaspul Madah, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Budi Nida, Sariansyah, Rasyidi, Chamuy, Bandi Puspa, dan Rizal. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.


[JUM’AT, 13 SEPTEMBER 2019]

>Tamu Hitam Putih Trans 7, malam Sabtu, tamu Ibu Nilawati asal Palopo, Sulsel. Viral menyanyikan lagu Nicky Astria. Pakai daster di Lapangan Pancasla dengan musisi jalanan. Dapat surprise video Nicky Astria yang mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Ibu Nila.

>Disapa Herman Udi usai shalat Maghrib di depan rumah Dani.

>Tami Salam pulang dari arah hulu jelang Maghrib malam Sabtu. Mungkin ia datang dari menonton pertandingan voli di Telaga Langsat.

>Tamu Ini Talkshow di Net TV malam Sabtu, Ega Noviantika dan Anneth. Segmen awal tampil Ghea Youbi, Ega dan Dadang Store.

>Ada sahabat Ega N, Irsyad (Kuningan) dan Rifai (Bekasi).

>Mimpiku Jadi Nyata Top 5 Idol Junior.

>Mutiara Terindah Ega dan Rafly.

>Ega Noviantika (21) dan Anneth D (13)


[SENIN, 7 JUNI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sony Ashar, H Imi, Budi Nida, Sariansyah, Rizal, Chamuy, H Hamdan, Bandi Puspa, dan tamu. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)